Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Lokasari (Pisang santan kue Tradisional Mandar)
Wilayah Sulawesi bagian barat Indonesia, merupakan salah satu pulau dengan kekayaan kuliner seperti kue tradisional yang beragam dan tentu saja enak. Salah satunya adalah kue Lokasari. Kue Lokasari adalah salah satu dari banyak kue tradisional yang telah ada sejak zaman kuno. 

Kue ini memiliki cita rasa dan selera yang khas. Rasanya yang lezat dan sangat mudah dalam pembuatannya, membuat kue ini menjadi favorit semua kalangan.

Di wilayah Sulawesi Barat sendiri, kue Loka Sari ini memiliki nama lain, "Loka Anjoroi. Terbuat dari pisang yang telah dimasak sebelumnya, kemudian dicampur dengan santan secukupnya, dan gula membuat kue ini mudah dibuat. Bahkan, bahkan orang awam tentang kuliner, mampu membuat kue khas komunitas Mandar. 

Dalam masyarakat Mandar, kue Lokasari biasanya hadir di setiap perayaan tradisional seperti pernikahan, Aqikah, dan perayaan lainnya. Tidak hanya itu, kue tradisional ini juga sering disajikan di pesta umum pada 17 Agustus. 

Cara membuat kue tradisional Polewali Mandar:

Seperti kata admin sebelumnya, kue tradisional ini sangat mudah dibuat. Ini dapat langsung dipraktikkan di rumah dengan mudah melalui informasi ini. 

Bahan utama yang harus disiapkan dalam membuat kue Lokasari tradisional ini adalah pisang, dan santan. Jenis pisang yang biasa digunakan adalah pisang Kepok atau orang Pattae menyebutnya "Putti Barangan". Untuk memilih jenis pisang apa. Jadi, pilihlah pisang Kepok tua (Loka Barangan) (kulitnya tidak kuning) agar nanti tidak hancur atau terasa kendur (lunak) setelah matang. 

Saat bahan dasarnya sudah siap, saatnya untuk membuat kue Lokasari dengan menuangkan santan ke panci yang sudah disiapkan. Sesuaikan santan dan banyak pisang untuk menghasilkan saus yang tepat. Setelah itu, aduk terus sampai kue Lokasari tradisional siap disajikan. 

Untuk menambah rasa, bisa ditambahkan dengan gula. Mandar juga digunakan untuk menambahkannya dengan sedikit garam untuk memberikan rasa yang berbeda. 

Bagaimana itu mudah? Silahkan coba membuat kue Lokasari  tradisional, khas dari masakan Mandar yang lezat ini.

Baca juga: Ule'-Ule' atau Bubur Kacang Hijau Khas Mandar

Pesona Mandar adalah sebuah portal online untuk saling berbagi tentang pariwisata dan budaya atau apapun itu yang berkaitan tentang human interest di Sulawesi Barat. Kirim essai atau tulisanmu dengan cara ini lulluare.