Type something and hit enter

author photo
Posted by On
Foto: Sureq Beruq-beruq | riannadahlan/pesonamandar.com

Tenun sutra Mandar memiliki ciri khas dengan pola persegi panjang  yang dibuat dengan bagian vertikal yang terlihat seperti pagar tempat memotong benang horizontal yang saling menyilang. Kedua jenis benang disiapkan dengan pola warna yang unik. Setiap kotak memiliki area kotak yang berbeda. Adapun pemberian nama corak atau dalam bahasa Mandar disebur sebagai ‘sureq’ juga terdisi atas berbagai macam.

Penamaan corak tersebut dipengaruhi oleh lingkungan sosial dan budaya, contohnya seperti gelar keluarga bangsawan dari pemerintahan kerajaan Mandar, seperti Sureq Panguru, salah satu masyarakat adat, Puang Lembang, Puan Limboro, salah satu penduduk asli, dan Mara’dia, gelar bangsawan.


Sureq Pangulu

Ini adalah yang tertua dan klasik berwarna coklat tua, hitam atau ungu. Garis-garis putih atau coklat merah. Digunakan oleh para pemimpin konvensi yang digunakan dalam pertemuan di bangsawan mulia atau dewan adat Mandar.

Sureq Puang Lembang

Warna unik yang dikenakan bangsawan adalah merah tua, coklat, ungu, hitam.

Sureq Puang Limboro

Digunakan oleh anggota dewan adat.

Sureq Maradia

Digunakan oleh bangsawan mewah, Malacdia. Empat pola persegi penuh dengan garis-garis vertikal dan horizontal saling berpotongan, dan warna dasarnya adalah hitam pekat.

Sureq Beruq-beruq

Beruq-beruq adalah melati yang harum. Pola ini menampilkan latar belakang gelap dan motif kain putih. Digunakan oleh pasangan yang baru saja menikah.

Sureq Maranniq

Ada banyak kotak pada motif sarung ini, karena ‘maranniq’ dalam bahasa Indonesia berarti motif kotak-kotak kecil dengan garis-garis tipis berpotongan.

Sureq Padzadza

Parare berarti merah yang dikenakan oleh wanita bangsawan ketika menghadiri pernikahan dan pelantikan resmi, dan lainnya.

Sebenarnya masih ada banyak jenis corak atau sureq dari kain tenun Mandar ini. Selain mempertahankan pola lama, pengembangan corak motif terinspirasi oleh berbagai aspek kehidupan masyarakat dan teknologi informasi dan komunikasi.


Pesona Mandar adalah sebuah portal online untuk saling berbagi tentang pariwisata dan budaya atau apapun itu yang berkaitan tentang human interest di Sulawesi Barat. Kirim essai atau tulisanmu dengan cara ini lulluare.