Hari AIDS Sedunia 2013

Mengenal Apa itu Sureq Marasa Sulawesi Barat

Foto:  Ikhwan Barlim

Busana merupakan salah satu bentuk budaya yang merupakan hasil kearifan lokal. Setiap masyarakat memiliki pakaian yang menjadi ciri khasnya dan menjadi bagian dari adat istiadat yang diturunkan dari generasi ke generasi. Begitu pula dengan Provinsi Sulawesi Barat. Di daerah ini, penduduk setempat memiliki kerajinan berupa kain khas yang digunakan sebagai bagian dari pakaian tradisional mereka. Kain tenunnya disebut Lipaq Saqbe atau biasa disebut Sarung Tenun Sutra Mandar.

Ciri khas kain Lipaq Saqbe adalah warnanya yang cerah atau mencolok seperti kuning dan merah dengan desain garis geometris yang lebar. Meski memiliki pola yang sederhana, namun benang emas dan benang perak menjadi bahan dasar untuk membuat kain sutra ini, yang membuat kain Tenun Sutra Mandar terlihat istimewa dan indah.

Lipaq Saqbe dibedakan berdasarkan coraknya atau dalam bahasa Mandar disebut sureq. Ada banyak macam-macam sureq Mandar yang bisa kalian baca disini Macam-macam Motif Tenun Mandar atau Sureq Saqbe Mandar.

Lanching Sureq Marasa


Pada Sabtu 11 September 2021, Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar menghadiri dan meluncurkan Lipa Saqbe Mandar Sureq Marasa dalam acara Semesta Saqbe Mandar, praktis dari kediaman pribadinya di kawasan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar.

Apa itu Sureq Marasa?


Sureq Marasa merupakan motif tenun baru Sulawesi Barat, gagasan dari Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Barat. Terdiri dari kombinasi 3 sureq, yaitu Sekomandi Kalumpang, Sambuq Mamasa dan Saqbe Mandar.

Tujuan Sureq Marasa dibuat sebagai upaya melestarikan dan mempromosikan 3 kain unggulan Sulawesi Barat yang merupakan warisan nenek moyang kita.
Lebih baru Lebih lama