-->

Type something and hit enter

author photo
Posted by On
8 Juni diperingati sebagai Hari Laut Sedunia. Peringatan ini telah dilakukan sejak presentasi pertama di Canada pada tahun 1992 di Earth Summit di Rio de Janeiro, Brazil, yang kemudian disahkan oleh PBB pada akhir dari 2008.

Seperti yang Anda ketahui, Indonesia adalah negara kepulauan yang menjadikan laut sebagai sumber daya alam yang sangat dilindungi dan andal. Terutama bagi orang-orang di Tanah Mandar yang tinggal di pantai yang menjadikan laut sebagai penghasilan utama.

Nelayan Mandar
Nelayan Mandar

Bagaimana Cara Menjaga Laut di Tanah Mandar?

Pemerintah juga terlibat dalam konservasi laut di Indonesia. Hal ini dilakukan agar sumber daya alam yang ada terpelihara dengan baik. Rupanya, berbagai upaya dapat dilakukan untuk melestarikan laut kita di Indonesia:

Menggunakan Metode Penangkapan Ikan Secara Legal

Mungkin ini sudah sangat sering diungkapkan bahwa penggunaan pompa penangkapan ikan dilarang. Selain menyebabkan kontaminasi air laut, pompa ini juga dapat merusak biota laut lain yang dikandungnya.

Karena itu, nelayan selalu disarankan menggunakan jaring laut untuk memancing. Meskipun metode ini cukup tradisional, penggunaan jaring dianggap mampu meningkatkan ekonomi nelayan.

Harganya relatif murah, ini juga bisa menguntungkan produsen jaringan laut.

Selektif dalam Menangkap Ikan

Tentu saja, sangat penting untuk memperhitungkan sikap selektif dalam menangkap ikan. Ini adalah bentuk pelestarian ikan langka.

Karena itu, sikap ini harus disadari sepenuhnya oleh mereka sendiri untuk lebih memperhatikan penangkapan ikan. Jika Anda mendapatkan jenis ikan yang hampir punah, itu harus dilepaskan.

Menjaga Kelestarian Ikan dan Terumbu Karang serta Seluruh Ekosistem Laut

Upaya ini yang membuat bom penangkapan ikan sangat dilarang. Tidak hanya ikan akan mati, tetapi terumbu karang juga akan hancur.

Upaya pelestarian terumbu karang sangat diperlukan, bahkan harus dibudidayakan karena di sinilah ikan berlindung dan mendapatkan makanan.

Penanaman Pohon Bakau

Bakau juga memiliki peran dalam konservasi laut. Tumbuhan ini adalah salah satu yang terkuat dan paling tahan tumbuh di daerah pesisir laut. Penanaman mangrove juga bisa mengurangi erosi laut. Sehingga laut lebih terjaga dan terlindung dari efek negatif lainnya pada laut. Buat yang ingin mengunjungi wisata bakau yang ada di Polewali Mandar, bisa langsung berkunjung ke Gonda Mangrove Park.

Menjaga Kebersihan Laut

Nah, jika upaya ini tidak hanya dilakukan di laut, tetapi di mana-mana. Tentu saja, menjaga kebersihan laut sangat penting karena jika Anda mengotori laut, itu akan sangat berbahaya bagi makhluk hidup di laut.Apakah Anda sering melihat foto-foto ikan dengan banyak puing-puing plastik di perut mereka? Itu bahaya jika Anda tidak menjaga kebersihan laut.

Selamat Hari Laut Sedunia! Semoga lautan di Indonesia terkhusus lautan di Tanah Mandar terus menjadi sumber daya alam yang kuat, baik untuk meningkatkan perekonomian negara dan untuk masyarakat lokal.