Type something and hit enter

author photo
By On
Mari ki lulluare ke Polewali Mandar. Inilah slogan yang kini gencar digaungkan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar (Polman) khususnya dinas dan istansi terkait.

Polewali Mandar atau Polman adalah salah satu dari enam kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat. Pada bidang industri pariwisata, daerah ini terkenal memiliki banyak objek wisata menarik yang layak untuk direkomendasikan terutama wisata alam, wisata religi, wisata budaya dan wisata kuliner.

Tentu tak akan ada habisnya jika kita "Hamba Allah" hendak menghitung-hitung dan menilai keindahan alam ciptaan Tuhan yang Maha Indah. Namun untuk memudahkan anda mengingat beberapa di antara keindahan alam di Kabupaten Polman yang sudah dikenal dan sering dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan asing, dalam kesempatan ini, saya akan menguraikan beberapa  di antara banyak tempat yang indah dan berpotensi menjadi tempat wisata menarik. Inilah  tempat wisata menarik di tanah Polewali Mandar.


1. Jembatan Pelangi Binuang

Di Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar ada objek Jembatan Pelangi. Jembatan ini berwarna persis seperti pelangi, sehingga para pengunjung merasa sangat bahagia dengan warna-warni jembatan tersebut. Jembatan Pelangi itu merupakan Kawasan Mangrove Center Polman. Di sekitaran jembatan, para pengunjung akan melihat dengan berbagai jenis pohon mangrove dan pemandangan yang indah. Selain itu, para pengunjung juga dapat menuliskan nama-nama kekasih hatinya yang bergantungan di lokasi jembatan pelangi itu. Karena adanya jembatan pelangi sebagai daya tarik, sehingga para pengunjung secara tidak langsung mampu menimbulkan dan mengenal serta mengetahui mangrove, dan akhirnya peduli dengan Mangrove.

2. Pantai Mampie Wonomulyo


Pantai Mampie di Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, menjadi salah satu obyek wisata yang selalu dipadati warga Polewali, bahkan warga dari luar daerah. Pantai Mampie yang asri, indah, dan terbentang sepanjang lebih dari 3 kilometer  dan tepat menghadap selat Makassar menjadikan obyek wisata ini salah satu pilihan warga untuk mengisi liburan panjang.

Jika menuju Pantai Mampie, Anda akan dimanjakan dengan hamparan sawah, tambak udang dan ikan milik warga setempat juga hutan mangrove yang di dalamnya dihuni satwa langka seperti bangau putih, bangau hitam, pecuk ular, belibis hingga burung pelican Australia. Sebelum masuk Pantai Mampie, anda akan disambut dengan pintu berbahan bambu dan kayu. Untuk diketahui, ada empat pintu yang disediakan bagi pengunjung agar tidak berdesakan masuk, terutama pada musim libur.

Puluhan gazebo yang didirikan pemerintah dan warga di sepanjang Pantai Mampie bisa jadi pilihan Anda beristirahat atau menikmati makanan yang dijajakan para pedagang. Suasana sejuk akan anda dapatkan jika berisitirahat dibawah gazebo yang telah disediakan, semilir angin akan menghembus dari arah lautan dan memberikan kesegaran yang sempurna. Tingkat kunjungan ke objek wisata Pantai Mampie mencapai puncaknya saat hari libur, akhir pekan dan setelah perayaan hari lebaran Idul Fitri, pengunjung bisa sangat ramai pada momen-momen tersebut, ratusan orang akan memadati Mampie hanya untuk sekedar berwisata menaikmati pantai dan fasilitas-fasilitas yang disediakan.

3. Bendungan Sekka-sekka


Bendungan Sekka sekka berada di Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat, mampu mengairi sawah sampai puluhan hektar dibeberapa kecamatan seperti kecamatan Wonomulyo, Tapango, Mapilli dll. Bendungan terletak di Sekka-sekka desa Kurma kecamatan mapilli. Hal menarik dari bendungan ini adalah adanya tugu yang menjadi tempat bersejarah di mana presiden RI yaitu Bu Megawati langsung meresmikan kawasan tersebut dan bertanda tangan pada 28 juli 2002. Bendungan sekka-sekka menjadi tempat favorit masyarakat utamanya dalam menikmati indahnya pemandangan pegunungan dan aliran sungai. Namun pada kawasan ini belum dapat dijumpai jajanan di pinggir jalan, dan beberapa jalan masih terdapat lubang.

4. Eko Wisata Sungai Maloso



Sungai Maloso merupakan induk sungai yang berasal dari kecamatan Tubi tara manu yang mengalir sepanjang kecamatan mapilli dan tembus ke Pantai Buku dan Garassi. Sungai Maloso terdapat keanekaragaman satwa baik itu reptil maupun pada aves. pada sungai ini juga terdapat ikan yang berukuran besar yang masih belum diketahui jenis spesiesnya dan masih perlu penelitian lebih lanjut.

Selain itu kegiatan arum jeram dapat dilakukan pada sungai ini yang memiliki panjang sekitar 10 km dari jembatan Mapilli. Namun kurangnya fasilitas pada kwasan ini membuat sepi pengunjung dan masih perlu peninjauan lebih oleh dinas pariwisata.

5. Pantai Baurung Campalagaian


Nama Pantai Baurung masih asing di telinga masyarakat Sulwaesi Barat pada umumnya. Pantai yang terletak di Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat ini memang belum begitu terkenal di kalangan masyarakat luar Campalagian. Jangankan masyarakat luar, masyarakat lokal pun masih ada beberapa yang belum mengetahui tempat yang penuh pesona ini.

Meskipun jarak dari menuju pantai ini cukup jauh dari keramaian dan kondisi jalanannya buruk, setiap hari ada saja pengunjung yang datang untuk sekedar melihat-lihat, berfoto, mandi, bahkan memancing ikan di pantai ini.

6. Pantai Mangrove Gonda Campalagian






Pantai Gonda, terletak di dusun Gonda, desa Laliko, kecamatan Campalagian, kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Objek wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat ini masih terbilang baru, pertama dikenal orang-orang melalui media sosial facebook dan dipromosikan oleh sekelompok pemuda yang melihat potensi Gonda yang cerah untuk dijadikan destinasi wisata alam dan publik.

Sebagai tempat liburan dan rekreasi, tempat ini tidak hanya memiliki taman laut yang indah tetapi hutan mangrovenya juga sangat menarik perhatian untuk ditelurusi.Perahu Mini Sandeq pun siap mengantar anda untuk menelusuri pesisir Gonda.  Taman laut Gonda memiliki beberapa titik penyelaman dengan kedalaman yang berbeda-beda, beberapa diantaranya menjadi favorite penyelam karena alam bawah laut yang sangat eksotik dengan ikan nemo yang bervariasi. 

Demikian beberapa tempat yang dapat dijadikan referensi dan ajang menjacari refreshing tempat wisata di kabupaten Polewali Mandar, jangan lupa mari ki ke mandar jangan lupa nikmati alamnya.

Click to comment