Type something and hit enter

author photo
By On
Sumber gambar: http://tommuanemandaronline.blogspot.co.id
Baupiapi adalah masakan khas mandar yang sangat kaya gizi. Hal ini bisa dilihat dari bahan-bahan yang digunakan sehingga menjadi Masakan Baupiapi. Mulai dari cabai rawit, merica, garam, minyak kelapa, kunyit, bawang mandar atau bawang merah, serta ikan cakalang atau tuna yang akan dimasak dan jangan lupa dengan asam manggga-nya.

Kalau diurai satu persatu, maka kandungan gizi yang terdapat dalam Baupiai, antara lain dari cabai rawit diketahui mengandung banyak vitamin C dan Betakaroten atau Provitamin A, juga mengandung mineral kalsium dan fosfor. Kemudian zat Kapsaisin yang membuat cabai rawit terasa pedas ternyata bersifat Stomakik, yaitu dapat meningkatkan nafsu makan serta mampu merangsang produksi Hormon Endorphin untuk membangkitkan sensasi kenikmatan.

Kemudian kunyit diketahui mengandung senyawa kurkuminoid (desmetoksikumin, kurkumin dan bisdesmetoksikurkumin), minyak asiri, lemak, karbohidrat, vitamin, protein, fosfor, kalium, zat pati, mineral. Sedangkan pada bawang merah terdapat senyawa sulfur dan quercetin, dalam jejak minyak esensial . Ini adalah antioksidan yang sangat efektif membantu dalam menetralisir radikal bebas ada dalam tubuh manusia. Bawang juga mengandung komponen mineral seperti kalsium , magnesium , natrium , kalium selenium, dan fosfor.

Dari bahan ikan tuna atau ikan cakalang kita ketahui sebagai salah satu komoditas laut, ikan tuna/ cakalang kaya akan asam lemak omega-3. Kandungan omega-3 pada ikan air laut, seperti ikan tuna, adalah 28 kali lebih banyak daripada ikan air tawar.

Dan yang terakhir adalah asam buah mangga. Buah mangga diketahui mengandung kalium. Kalium mempunyai fungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kotraksi otot, dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan memberikan kontribusi terhadap penurunan risiko karena stroke. Tak lengkap rasanya bila Resep Baupiapi tak disajikan dalam postingan ini, ibarat sayuran tanpa garam. 

Click to comment