Type something and hit enter

author photo
Posted by On
Sejak diperkenalkannya social distancing, banyak kebiasaan kita telah berubah. Mulailah bekerja dari rumah, membatasi diti untuk tidak sering meninggalkan rumah, dan salah satunya adalah kebiasaan membeli kopi di warung kopi atau cafe.

Tapi jangan khawatir, selama masa social distancing ini, ada varian kopi yang hits dan viral dimana-mana. Siapa pun dapat melakukannya di rumah, karena kopi ini hanya membutuhkan tiga bahan utama. Hanya dalam 15 menit kamu sudah menikmati satu gelas kopi yang menggugah selera.

Dalgona coffee juga sering disebut kopi kocok atau kopi tiktok, itu dikarenakan kopi tersebut pertama kali dipopulerkan di aplikasi TikTok. Karena bahan yang digunakan tidak banyak cara untuk membuatnya juga jauh lebih mudah, mari kita coba membuat dalgona coffee kamu sendiri sehingga kamu tidak ketinggalan tren!

Photo by Mayur on Unsplash

Ingin tahu tentang cara membuat dalgona coffee dan bahan apa yang dibutuhkan?

Bahan-bahan yang diperlukan umumnya terdapat semua dapur di rumah, yaitu kopi instan, gula, susu, dan air panas. Dengan menggunakan mixer, kamu bisa membuat kopi ini hanya dalam hitungan menit saja!

Hal pertama yang kamu lakukan adalah ambil dua sendok bubuk kopi hitam instan, dua sendok gula pasir dan dua sendok teh air panas ke dalam mangkuk bersih. Aduk dalam mixer selama dua hingga lima menit. Jika kamu tidak memiliki mixer, kamu dapat menggunakan alat pengocok tangan dan mencampurnya dengan kurang lebih selama sekitar 15 menit.

Kuncinya adalah membuat gerakan zig zag sambil diaduk, tidak harus selalu dalam arah gerakan melingkar besar. Tidak disarankan menggunakan sendok untuk mengaduknya karena akan memakan waktu yang sangat lama dan dapat melukai kamu.

Dalgona coffee bisa dibuat dingin atau panas tergantung selera. Jika kamu ingin panas, kamu bisa memanaskan susu terlebih dahulu, lalu tambahkan kopi yang sudah dikocok tadi di atas segelas susu. Jika kamu lebih suka kopi dingin, kamu bisa menggunakan susu dingin atau menambahkan es batu.

Dampak Dalgona Coffee Pada Kesehatan

Dalgona coffee adalah minuman yang terbuat dari campuran kopi, gula, air panas dan susu. Meskipun terlihat seperti minuman pada umumnya, tetapi minuman ini memiliki karakteristik tersendiri dalam campuran dan krim kopi yang ditemukan di sana. Namun, apakah minuman ini baik untuk kesehatan kamu?

Semua orang sudah tahu bahwa kopi adalah minuman yang kaya manfaat. Diantaranya, dapat meningkatkan energi, membakar lemak, mengurangi risiko terkena diabetes dan lainnya. Begitu juga, susu kaya akan vitamin dan kaya kalsium untuk menyeimbangkan nutrisi tubuh, baik untuk kulit dan lainnya.

Sampai saat ini juga belum ada penelitian atau penelitian khusus yang membahas dampak kesehatan dari konsumsi dalgona coffee. Meski begitu, hanya mengingatkan untuk tidak terlalu menggunakan gula yang berlebihan, itu ide yang buruk terutama jika kamu memiliki riwayat diabetes. Kamu bisa menggunakan gula rendah kalori dan susu rendah lemak.

Itulah tadi artikel mengenai resep membuat dalgona coffee, tertarik gak membuatnya? Selain itu, untuk lebih menambah sensasinya, kamu bisa membuat jepa khas mandar sebagai pelengkap.