Type something and hit enter

author photo
By On

Jepa? yah siapa yang tidak kenal makanan satu ini, yang menjadi makanan khas suku mandar. Jepa memiliki banyak sebutan ada yang menyebutnya roti mandar, ada pula yang menyebutnya pizza ala mandar. Dilihat dari morfologi jepa memiliki bentuk bundar warna putih halus, dan memang jika dikreasikan tambahan toping seperti sosis, daun seledri dan irisan tomat mungkin bisa jadi sebutannya pizza jepa hehehe.....

Jepa merupakan makanan yang terbuat dari sagu atau singkong  yang dibakar. Lembaran bulat nan tipis berwarna putih kecokelatan karena terbakar dengan tekstur seperti roti, pun tersaji. Lebih enak disantap selagi hangat. Itulah jepa, makan pokok khas suku Mandar.

Mayoritas suku Mandar yang mendiami Provinsi Sulawesi Barat memiliki jepa sebagai makanan tradisional yang hingga kini masih mudah untuk dicari. Beberapa orang menuturkan, jepa muncul di masa-masa daerah tersebut mengalami kekeringan dan kelaparan.

Solusinya adalah dengan mengolah singkong menjadi lembaran seperti roti cane. Tentu saja dengan cara ini, menyimpan olahan singkong bisa lebih lama. Jika berkesempatan mampir ke Majene, Sulawesi Barat, Anda bisa mampir ke Desa Bonde di Kecamatan Pamboang.

Setelah dikupas kulitnya, singkong kemudian diparut. Parutan ini kemudian dibungkus dengan karung dan diperas agar sari singkong keluar. Air yang terkandung di dalam singkong tak digunakan, melainkan ampas singkong yang diolah.

Ampas singkong diayak menggunakan tapis bambu. Setelah itu, singkong mulai dimasak. Pertama-tama, alat bernama panjepangan dipanaskan terlebih dahulu. Alat ini berbentuk piring yang terbuat dari tanah liat. Panjepangan terdiri dari dua piringan.

Setelah panjepangan dipanaskan menggunakan kayu bakar, barulah singkong dimasukan ke atas salah satu piringan tanah liat tersebut. Ada takaran tertentu untuk banyaknya singkong yang dimasak, kira-kira sebatok kelapa. Setelah diratakan, singkong kemudian ditumpuk dengan piringan tanah liat lainnya.

Dengan singkong berada di tengah-tengah kedua piringan tanah liat, maka seluruh sisi singkong pun terpanggang dengan sempurna. Tak perlu menunggu lama dan jepa pun jadi. Santap jepa selagi panas dengan tumisan sayur ataupun tumis ikan seribu yang merupakan ikan khas Mandar.



Di Desa Bonde, Anda bisa membeli jepa dengan harga Rp 1000 per lembar. Serunya, di sini pengunjung juga bisa mencoba membuat jepa sendiri.

Selain di Desa Bonde, Anda bisa membeli jepa di pasar tradisional yang berada di belakang Tempat Pelelangan Ikan Majene. Jepa dijadikan camilan tanpa lauk pun bisa menjadi pilihan menyantap “roti singkong” ala Mandar ini.

Click to comment