Type something and hit enter

author photo
Posted by On
Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian besar berita tentang COVID-19, sering menimbulkan stres. Setidaknya itulah yang saya rasakan selama beberapa waktu sekarang dan sampai sekarang. Jumlah kasus dan kematian terus meningkat, orang-orang yang masih di luar rumah dan sebagainya, malah terkadang menjadi terlalu sibuk.

Namun yang menarik, ternyata selain ini, ada beberapa hal positif yang juga terjadi tentang COVID-19. Sebelumnya, dikutip dari USS Feed, kali ini kami akan memberikan versi terbaru.

Photo by CNN Indonesia

Hampir 300 orang pulih dari COVID-19

  • 286 orang yang awalnya positif terkena virus korona pada Sabtu (11 April 2020) dinyatakan sembuh
  • Jawa Timur adalah wilayah dengan tingkat pemulihan tertinggi 24 persen. 64 dari 267 pasien di daerah tersebut telah pulih
  • Seorang bayi berusia 4 bulan di Kulon Progo, Yogyakarta yang awalnya positif korona, akhirnya berhasil pulih, setelah mendapatkan perawatan intensif selama dua minggu di Rumah Sakit Wates.

Donasi dan Pendanaan Dana APD untuk Tenaga Medis Terus Meningkat

TikTok, aplikasi booming di Indonesia, dilaporkan menyumbangkan USD 6,28 juta kepada pemerintah Indonesia pada Kamis pekan lalu dan berencana dana tersebut akan digunakan untuk membeli PPE untuk tenaga medis yang berjuang melawan COVID-19.

Sementara itu, 35 perusahaan mempercepat proses produksi dan ditargetkan mampu menghasilkan 18,3 juta APD pada awal Mei, kata Agus Gumiwang sebagai Menteri Perindustrian. Peralatan tersebut terdiri dari 1,2 juta gigi berbasis-medis kelas polipropilena dan 17 juta gigi-kelas-medis yang terbuat dari katun, nilon atau poliester.

Kemudahan 'Test'

Indonesia saat ini memiliki 18 detektor polymerase chain reaction (PCR) dan dua ekstraktor RNA otomatis. Perangkat itu diperoleh dari perusahaan farmasi asal Swiss, yaitu Roche. Perangkat ini akan didistribusikan oleh pemerintah ke Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lampung, Sumatra Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Papua.

5.000 - 10.00 sampel per hari ditetapkan sebagai target, dan diharapkan berjalan lancar untuk bisa mendapatkan 300.000 sampel dalam satu bulan. Hingga Sabtu (11 April), menurut Departemen Kesehatan, Indonesia telah melakukan 19.452 tes CPR.

Sementara itu basis aplikasi kesehatan online, aplikasi Halodoc dan aplikasi ojol seperti GOJEK, bekerja sama dengan rumah sakit. Mitra dan manajer keluarga di kompleks Kemayoran, menawarkan free rapid test COVID-19 untuk penduduk Jakarta.