-->

Type something and hit enter

author photo
Posted by On
Masakan khas Suku Mandar memang tidak ada duanya. Menu makanan ringan sampai berat tidak pernah berhenti menggoda, termasuk menu sarapan.

Memulai hari dengan sarapan direkomendasikan oleh banyak ahli kesehatan. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi, sarapan juga bermanfaat sebagai 'bahan bakar' untuk mengembalikan energi setelah bangun dari tidur malam.

Menu Sarapan Khas Suku Mandar

Bagi penduduk di Suku Mandar, serangkaian daftar kuliner keluarga menjadi menu sarapan. Makanan ini umumnya banyak dijual dan mudah ditemukan di sekitar rumah. Dari menu 'berat' hingga yang hanya pengganjal perut saja. Ini beberapa kuliner Suku Mandar di antaranya:

1. Loka Janno

Photo by pispas_millenial on Instagram

Loka Janno dalam bahasa Indonesia juga berarti pisang goreng. Bukan sesuatu yang khas sebenarnya, tapi loka janno adalah pilihan yang sengat cocok dan sebagian besar masyarakat Suku Mandar suka mengonsumsinya.

Di masa lalu, pisang goreng adalah makanan yang biasa saja, dan seiring berjalannya waktu, pisang goreng semakin bervariasi dan memiliki banyak pilihan. Pisang goreng yang dulunya dianggap sebagai jajanan desa, kini telah berevolusi menjadi makanan ringan modern dengan berbagai topping selera.

2. Gogos


Menu sarapan yang kedua adalah Gogos. Tahukah kamu tentang Gogos yang sangat populer di sebagian wilayah di Sulawesi? Makanan ini dikatakan mirip dengan lemper karena bentuk dan bahannya yang mirip.

Gogos, salah satu makanan khas Suku Mandar, sangat populer di masyarakat Sulawesi Barat dan Sulawesi Selatan. Apalagi ketika Idul Fitri tiba, Gogoso tidak kalah kompetitif dengan berlian. Gogos atau lebih dikenal dengan Gogoso memiliki bentuk yang mirip dengan lemper dari Jawa atau lalapan dari Manado.

3. Berre Berres


Berre Berres adalah salah satu makanan yang cocok untuk sarapan kali ini. Berre berres khas Mandar ditambah dengan segelas kopi, adalah hidangan yang biasanya disajikan di daerah Mandar di Sulawesi Barat pada pagi hari sebagai menu sarapan atau di sore hari sebagai pelengkap suasana santai. Terbuat dari tepung, gula pasir dan campuran kelapa.

Cara membuat kuliner berre berres adalah tepung, gula dan kelapa yang agak muda dicampur menjadi satu dan ditambah air secukupnya, lalu digoreng hingga kekuning-kuningan dalam minyak panas.

Demikian artikel mengenai menu sarapan khas Suku Mandar yang wajib kalian coba. Kalian bisa menikmati Makanan Khas Suku Mandar lainnya sebagai menu sarapan teman-teman.