-->

Type something and hit enter

author photo
Posted by On
Apa yang kamu pikirkan tentang menu berbuka puasa untuk hari ini? Hampir setiap hari, pertanyaan itu pasti sering muncul di kepala Anda selama bulan Ramadhan. Sekarang, karena bulan Ramadhan telah tiba, kami ingin berbagi info tentang menu yang bisa menjadi menu buka puasa Anda. Selain terkenal dengan keindahan alam dan budayanya, Tanah Mandar juga terkenal dengan kekayaan kulinernya.

Menu Berbuka Puasa Khas Suku Mandar

Mencoba Makanan khas Tanah Mandar pasti akan membuat Anda jatuh cinta dengan daerah ini. Khusus bagi Anda yang berada di luar Sulawesi Barat, di sini Anda dapat mencoba berbuka puasa yang termasuk dalam kategori ringan tetapi dijamin mengguncang lidah Anda dan membuat berbuka puasa terasa luar biasa. Berikut menu berbuka puasa khas di Tanah Mandar:

Bikang


Kue Bikang adalah makanan khas Mandar yang terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan bahan lainnya. Adonan tersebut kemudian dicetak menjadi bentuk lingkaran yang agak besar dan kemudian diolah seperti surabi. Setelah matang, kue bikang ini dipotong-potong seperti memotong pizza. Kue bikang biasanya disajikan dengan golla calla atau gula merah yang telah dicairkan sebelumnya.

Tetu


Tetu adalah kue yang terbuat dari tepung, gula merah, gula pasir, dan santan. Adonan kue dimasukkan ke dalam cetakan daun pandan berbentuk persegi. Cetakan daun pandan adalah salah satu kunci kue Tetu yang lezat. Adonan yang telah ditambahkan ke cetakan kemudian diproses dengan dikukus sampai matang.

Barongko


Nah, menu yang pertama ini adalah jenis kue tradisional khas disebagian wilayah Sulawesi, ini termasuk kuliner yang juara. Terbuat dari campuran pisang tumbuk, telur, santan dan gula yang kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Mencobanya akan membuat Anda ketagihan, ini juga bisa menjadi pilihan Anda untuk berbuka puasa. Sangat cocok untuk menikmatinya ditemani es teh.

Es Pisang Ijo


Siapa yang tidak tahu es pisang hijau. Pisang raja dibungkus dengan adonan telur dadar yang terbuat dari tepung beras dan jus daun pandan atau aroma pewarna makanan pandan. Pisang kukus hijau kemudian disiram dengan saus yang terbuat dari santan kental, jangan lupa gunakan sirup DHT.

Es Pallu Butung


Es Pallu Butung memiliki kesamaan dengan Es Pisang Ijo, tetapi masih ada perbedaan di antara keduanya. Perbedaan antara kedua makanan ini adalah dalam balutan warna hijau yang dibungkus dengan dua makanan ini. Jika bungkus es pisang hijau dibungkus adonan hijau lalu dikukus, es pallu butung tidak dibungkus adonan.

Itu adalah beberapa makanan di Tanah Mandar yang paling dicari dan cocok sebagai menu buka puasa teman. Jangan khawatir, teman tidak perlu pergi jauh ke Sulawesi Barat untuk menikmati hidangan ini. Makanan ini telah banyak dijual di kota-kota besar di Indonesia.