Kue Tradisonal Mandar Bolu Paranggi & Cara Pembuatannya

Kue Tradisonal Mandar Bolu Paranggi
Bolu Paranggi adalah salah satu kue tradisional di Sulawesi Barat. Ini juga salah satu kue favorit bisa anda yang digunakan sebagai oleh-oleh untuk keluarga ketika anda mengunjungi Polewali Mandar atau sebagian besar wilayah di Sulawesi.

Seperti kue tradisional pada umumnya, pengolahan kue ini masih terbilang sederhana, begitu pun dengan resepnya. Namun yang pasti, kue ini memiliki rasa yang tidak kalah dengan kue tradisional khas Sulawesi lainnya. Ia juga mudah dikenal oleh wisatawan domestik dan asing yang namanya sangat populer dan sering digunakan sebagai oleh-oleh.

Hampir sama dengan bolu gula merah, Bolu Paranggi terbuat dari tepung, gula merah, air dan pengembang. Cara memasaknya menggunakan cetakan khusus kemudian dibakar dengan bara api, bukan menggunakan kompor. Setelah matang bentuknya setengah lingkaran, berwarna merah kecoklatan, dan tahan selama 1 minggu.

Tekstur Bolu Paranggi agak padat tapi lembut. Warnanya terkadang gelap atau coklat terang sesuai dengan warna gula merah yang digunakan. Lebih enak rasanya ketika matang terdapat sedikit bagian yang gosong, nikmat banget rasanya.

Buat yang ingin tahu resep dan cara pembuatan kue ini, baiklah saya akan menjelaskannya secara singkat, jelas, dan mudah dipahami. Pertama-tama, anda hanya perlu menyediakan tepung, gula merah, minyak dan bahan pengembang seperti baking soda. Karena kue ini rasanya manis, perbandingan tepung dan gula adalah 1: 1.

Tepung dan gula merah yang diiris tipis atau disisir dicampur dengan air dan soda kue. Lalu aduk merata untuk membentuk campuran kental. Adonan ini kemudian dicetak dalam cetakan khusus dan dipanggang dalam oven sampai matang. Jika Anda suka, Anda bisa menambahkan wijen di atasnya sebelum kue dimasukkan ke dalam oven

Sudah mengerti cara membuatnya. Dan ikuti saja langkah-langkah Resep Membuat Bolu Paranggi. Semoga beruntung dan bagi Anda yang baru belajar memasak mungkin ada beberapa kalimat yang tidak dimengerti.


Pesona Mandar adalah sebuah portal online untuk saling berbagi tentang pariwisata dan budaya atau apapun itu yang berkaitan tentang human interest di Sulawesi Barat. Kirim essai atau tulisanmu dengan cara ini lulluare.
Lebih baru Lebih lama