Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Wisatawan Asing

Pada Juli 2019, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dengan branding pariwisata Indonesia bertajuk "Wonderful Indonesia" melakukan promosi besar-besaran di dua kota besar di Amerika Serikat (Amerika Serikat), yaitu di New York dan Los Angeles. Untuk menarik minat publik Amerika Serikat, ada enam tujuan destinasi diperlihatkan. Ada Bali, Raja Ampat, Borobudur, Danau Toba, Pulau Komodo (Nusa Tenggara Timur) dan Pantai Gili Kedis (Nusa Tenggara Barat). Semuanya dilengkapi dengan logo Wonderful Indonesia. Sementara di Eropa, branding pariwisata Indonesia yang bertajuk "Wonderful Indonesia" dipasang di bus yang beroperasi di seluruh Berlin, Jerman.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio mengatakan bahwa setidaknya sekitar 30 negara akan ditargetkan untuk promosi pariwisata Indonesia. Rencana Kemenparekraf menargetkan pasar Amerika dan Eropa untuk menarik wisatawan asing yang berkualitas memang cukup tepat. Namun, ini harus disertai dengan strategi promosi yang baik.

Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebelum liburan musim dingin atau musim panas dapat melakukan promosi besar-besaran tersebut. Ini karena liburan wisatawan asing dari Eropa dan Amerika lebih lama pada saat itu.

Destinasi pariwisata yang ada di Sulawesi Barat pun perlu perhatian lebih dari kita semua agar menjadi salah satu upaya untuk mendongkrak angka kunjungan wisatawan. Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebenarnya sudah melakukannya, tetapi secara nasional. Tidak spesifik untuk setiap provinsi. Sudah waktunya bagi akademisi, pemerintah, industri dan pemangku kepentingan lainnya yang berada di Sulawesi Barat untuk berjalan bersama untuk melakukan penelitian dan perubahan.

Dalam hal ini Pesona Mandar sangat terbuka untuk berkontribusi sehingga destinasi pariwisata Sulawesi Barat lebih berkualitas dan menjadi destinasi yang dapat diunggulkan.


Pesona Mandar adalah sebuah portal online untuk saling berbagi tentang pariwisata dan budaya atau apapun itu yang berkaitan tentang human interest di Sulawesi Barat. Kirim essai atau tulisanmu dengan cara ini lulluare.