Type something and hit enter

author photo
Posted by On
Kue Paso Khas Mandar
Kue Paso
Di Tanah Mandar ada kue khusus yang disebut Paso, dalam bahasa Mandar sendiri paku berarti paso. Jadi dinamai demikian karena bentuknya runcing seperti sebuah paku. Kue tersebut adalah favorit karena rasanya sangat enak.

Kue Paso adalah kue tradisional yang sangat populer terutama di kalangan anak-anak. Ini karena satu-satunya cara untuk memakan kue adalah dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari daun pisang berbentuk persegi panjang. Untuk mendapatkan sensasi lebih memakan kue ini adalah dimakan dari ujungnya yang runcing terlebih dahulu hingga habis ke ujungnya lagi.

Setelah kue dalam cetakan daun pisang habis, sensasi lain adalah membuka cetakan yang terbuat dari daun pisang tersebut. Biasanya, setelah dibuka, masih banyak sisa kue yang menempel di kulit dan bagian terdalamnya. Sensasi makan kue paso ini adalah saat dinikmati panas. Alasannya adalah jika kue paso dinikmati dalam keadaan dingin, maka nikmatnya dan kelezatannya tidak terlalu terasa.

Kue Paso Khas Mandar
Kue Paso Khas Mandar

Kue paso dibuat dari tepung beras, lalu dicampur dengan gula aren cair dan santan. Adonan dimasukkan ke dalam cetakan yang terbuat dari daun pisang yang berbentuk seperti topi ulang tahun kerucut. Adonan dikukus dalam panci dan kemudian ditempatkan di buffer yang biasanya terbuat dari batang pisang.

Jangan biarkan adonan terlalu penuh ke dalam cetakan karena jika sudah matang, santan kental akan ditambahkan. Tambahkan garam ke santan agar lebih stabil. Sayangnya, penjual kue paso ini sudah jarang ditemui, tapi jika kalian ingin mendapatkannya masih bisa ditemukan di beberapa pasar.

Cara Pembuatan Kue Paso:

Pertama-tama siapkan daun pisang sebagai wadahnya dan batang pisang yang telah dipotong-potong kecil sebagai dandannya. Kemudian bahan-bahannya tepung kanji secukupnya, 2 ons tepung beras, gula merah secukupnya, santan secukupnya, dan garam secukupnya.

Cara Pembuatan Kue Paso:

Campur semua bahan di atas dan aduk sampai rata. Bentuk daun pisang menyerupai kerucut, untuk ukurannya terserah sesuai selera masing-masing.

Setelah itu, rebus air dan masukkan potongan-potongan batang pisang tersebut ke dalam panci. Setelah mendidih, masukkan wadah daun pisang tadi, tempatkan dalam posisi tegak berada diantara potongan-potongan batang pisang tadi sebagai penyangga dan membuat aroma yang khas.

Setelah itu, tuangkan campuran cair di atas kerucut kulit pisang. Tunggu hingga lima menit dan kue langkah siap diuji.


Pesona Mandar adalah sebuah portal online untuk saling berbagi tentang pariwisata dan budaya atau apapun itu yang berkaitan tentang human interest di Sulawesi Barat. Kirim essai atau tulisanmu dengan cara ini lulluare.