Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On

Saya ingin bertanya berapa budget yang kalian perlukan untuk sekali traveling? Pasti bukan hal yang murah kan? Berbagai cara dilakukan untuk menghemat agar tetap bisa melakukan traveling murah tapi tetap saja pengeluaran sangat susah diatur. Banyak kebutuhan yang harus dipenuhi seperti penginapan, makan, oleh-oleh dan masih banyak biaya yang tak terduga lainnya.

Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana tips  traveling murah untuk menghemat budget. Tips ini tentunya sangat berguna buat kalian yang ingin menghemat pengeluaran agar tidak perlu lagi khawatir untuk kehabisan uang. Nah, silahkan lakukan tips  traveling murah berikut ini:

1. Gali Segala Sumber Informasi 


Tips traveling murah yang pertama, sebelum kalian traveling, sebaiknya kalian menggali segala sumber informasi terkait tujuan kalian nantinya. Kalian bisa cari di internet tentang harga penginapan, strategis atau tidak, dan lain-lain. Kalian juga bisa bertanya ke teman-teman kalian yang lebih berpengalaman traveling untuk mendapatkan informasi yang kalian butuhkan.

2. Jangan Traveling di Musim Liburan


Saat musim liburan tiba, segala macam harga mulai dari transportasi, penginapan, restoran, dan sebagainya akan naik secara drastis. Oleh karena itu jika anda memutuskan untuk traveling sebaiknya pilih jadwal yang bukan di tanggal liburan, dengan itu anda mendapatkan harga yang lebih murah untuk traveling.

3. Tinggal di Penginapan Sederhana


Penginapan adalah salah satu poin penting saat liburan, kalian tidak mungkin tinggal di pinggir jalan atau tidur di tempat umum selama traveling. Oleh karena itu cari hotel atau penginapan sederhana saja, sekarang sudah banyak aplikasi online untuk mengecek harga hotel atau penginapan. Intinya tempat tinggal kalian nyaman. Mau lebih murah lagi? Menginap di rumah keluarga atau teman yang kalian miliki, tolong manfaatkan situasi ini.

4. Beli Oleh-oleh Secukupnya


Untuk oleh-oleh ini secukupnya saja, tidak usah terlalu banyak. Cukup berikan oleh-oleh ke orang terdekat atau tersayang saja. Misalnya kalian berlibur ke Polewali Mandar, kalian bisa membeli oleh-oleh seperti yang diulas pada artikel ini: Makanan dan Oleh-oleh Khas Mandar.

5. Traveling Bersama Teman


Jika kalian lebih senang solo traveling, mungkin kalian harus mencoba mengajak teman agar pengeluaran lebih sedikit. Dengan traveling berdua, apa-apa saja kebutuhan yang dibutuhkan bisa dilakukan dengan cara patungan, lumayan kan.

6. Gunakan Jalur Transportasi Darat


Untuk kalian yang ingin traveling murah, coba deh gunakan transportasi darat dibandingkan menggunakan pesawat. Meskipun menggunakan pesawat lebih cepat, tapi dengan menggunakan transportasi darat seperti bus atau kereta makan akan membuat kelian lebih hemat. Kelebihannya lagi, kalian bisa menikmati perjalanan sambil melihat indahnya pemandangan selama perjalanan.

7. Naik Angkutan Umum


Menggunakan angkutan umum saat traveling juga membantu kalian lebih hemat. Kalian juga bisa menggunakan semacam transportasi online, apalagi banyak promo yang ditawarkan. Naik angkutan umum ini juga tentunya membantu kalian berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lainnya dengan lebih mudah.

8. Makan Kuliner Jalanan


Makan di restoran mahal mungkin sangat bagus jika dilakukan saat traveling, tapi buat yang ingin melakukan traveling murah, kalian bisa makan kuliner jalanan seperti gerobak-gerobak di pinggir jalan. Dijamin dompet kalian aman-aman saja, kenyang apalagi.

9. Berkunjung ke Tempat Wisata Baru



Coba cari informasi mengenai tempat wisata baru sebagai tujuan traveling kalian. Ini dikarenakan tempat wisata baru pasti menawarkan harga yang masih relatif murah dengan kualitas yang masih bagus. Selain itu, dengan berkunjung ke tempat wisata baru maka otomatis menambah wawasan serta pengalaman kalian.

10. Cari Lokasi Free Wi-Fi


Nah, tips terakhir untuk tips traveling murah adalah dengan berkunjung ke lokasi yang menyediakan free Wi-Fi. Selama liburan kalian pasti update sosial media kalian kan, baik itu instastori sampai titik-titik, upload foto di Instagram, Twitter dan sebagainya. Itu semua akan menggunakan banyak data internet, daripada boros mending cari yang free.

Demikian tips traveling murah untuk menghemat budget kalian, semoga yang kami bagikan bermanfaat dan selamat traveling! Oh iya, salah satu destinasi traveling yang cocok untuk budget yang murah adalah dengan traveling ke Sulawesi Barat. Disana kalian bisa mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di Mamuju, Majene ataupun di Polewali Mandar.