Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On

Pulau Gusung Toraja atau yang lebih dikenal dengan nama Pulau Pasir Putih adalah salah satu dari sekian banyak wisata maritim ketika berkunjung ke Polewali Mandar. Untuk sampai di tempat ini, Anda sebelumnya harus melewati sebuah penyeberangan di Desa Tonyamang, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar.

Untuk menyeberang ke Pulau Gusung Toraja ini menggunbakan perahu milik warga yang sering disebut sebagai “taxi laut”. Taxi laut ini sendiri tidak cuma melayani penyeberangan ke Pulau Gusung Toraja, mereka juga melayani penyeberangan ke berbagai pulau-pulau kecil yang ada seperti Pulau Battoa, Pulau Karamasang, Pulau Salamaq, Pulau Panampeang, dan Pulau Landea.

Taxi laut yang digunakan menyeberang ke Pulau Gusung Toraja ini berukuran sekitar 5-6 meter dengan kapasitas tampungan sebanyak 8-10 orang untuk sekali pemberangkatan. Butuh waktu sekitar 20-30 menit dari dermaga untuk sampai ke tujuan tersebut. Budget yang dikeluarkan untuk modal transportasi cukup terjangkau. Biayanya cukup Rp15,000 per kepala, jadi sekitaran Rp200,000-Rp300,000 untuk pulang pergi.

Di Pulau Gusung Toraja ini kalian bisa menikmati sajian wisata bahari yang sangat indah. Kalian bisa melihat indahnya pasir putih, tanaman bakau, terumbu karang, snorkeling,  dan spot sunset dan sunrise, serta tempat berkemah.

Oh iya, sekedar informasi bahwa pulau ini adalah pulau tak berpenghuni atau tidak didiami oleh masyarakat. Oleh karena itu kelestarian alamnya masih begitu terjaga. Uniknya lagi, pulau kecil ini hanya berukuran kurang lebih sebesar lapangan bola. Jadi Anda bisa menyusuri pulau kecil ini hanya dalam waktu beberapa menit saja.



Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke Pulau Gusung Toraja ini adalah di pagi hari untuk merasakan sensasi matahari terbit yang menyejukkan kulit, hingga sore hari untuk menikmati senja dengan keindahan matahari terbenamnya. Itulah salah satu kelebihan di pulau ini, Anda bisa menikmati spot sunrise dan sunset dalam posisi yang sama.

Buat kalian yang ingin rekreasi bersama keluarga atau teman, tempat ini sangat cocok untuk jadi pilihan. Anda tinggal membawa bekal dari rumah untuk dinikmati di pulau ini. Jangan lupa, ini catatan paling penting, jangan meninggalkan sampah sembarangan di Pulau Gusung Toraja ini.