Prosesi Mattanda Jari dalam Pernikahan Adat Mandar Sulawesi Barat

Foto: The Bride Depth

Hal terpenting dalam sebuah pernikahan bagi masyarakat Suku Mandar di Sulawesi Barat adalah kerjasama, membantu melakukan sesuatu baik material maupun spiritual, baik pekerjaan ringan maupun berat, sehingga dalam hal ini melibatkan gotong royong dalam membesarkan rumah tangga.

Apa itu Manttanda Jari?


Manttanda jari adalah pertemuan dan musyawarah resmi di rumah perempuan untuk menentukan apakah pertunangan akan berlangsung atau tidak dan sekaligus meresmikan pertunangan jika musyawarah dan mufakat telah tercapai.

Beberapa hari setelah musyawarah, keluarga pria itu kembali mengirim beberapa orang untuk menyampaikan kepada keluarga perempuan itu kesanggan keluarga pria itu. Rombongan menyampaikan kemungkinan memasukkan sejumlah uang ke dalam pamenangan (semacam piring dengan kaki kuningan setinggi sekitar 30 cm) yang disajikan kepada keluarga perempuan itu. Jumlah uang yang ditaruh di gagang bukanlah jumlah sebenarnya, melainkan jumlah perbandingan. Contoh: Rp10.000 berarti daya tampung keluarga si pemuda adalah Rp1.000.000 dan seterusnya. Jika ada titik temu antara kedua belah pihak, itu akan menjadi ikatan komitmen antara pemuda dan gadis itu.

Posting Komentar

Komen aja, asalkan jangan spam!

Lebih baru Lebih lama