Makanan dan Oleh-oleh Khas Mamuju

Indonesia dengan berbagai kekayaannya memiliki potensi wisata yang sangat besar, setiap daerah yang tersebar di seluruh nusantara memiliki ciri khasnya masing-masing. Mulai dari pakaian adat, rumah adat, hingga makanan tradisionalnya yang tentunya membuat banyak wisatawan lokal maupun asing ingin mencicipinya kelezatannya. Setiap makanan tradisional yang ada di setiap daerah memiliki citra rasa yang kaya akan rempah dan juga unik. Makanan tradisional tersebut akan berbeda dari satu daerah dengan daerah yang lainnya dan bisa menjadi makanan dan oleh-oleh khas daerah tersebut.

Sulawesi Barat tentunya juga memiliki keberagaman budaya seperti halnya sebagian besar daerah di Indonesia. Salah satu yang bisa kalian nikmati adalah aneka makanan khas Mamuju. Berikut adalah beberapa daftar makanan khas ibu kota Provinsi Sulawesi Barat sekaligus bisa menjadi oleh-oleh khas Mamuju:

Berikut Makanan dan Oleh-oleh Khas Mamuju:


Baye atau Golla Kambu


Sumber: Mujahidin Musa (Facebook)

Oleh-oleh khas Mamuju pertama adalah baye. Baye atau Golla Kambu adalah salah satu dari sejumlah makanan khas Mamuju yang turut memperkaya wisata kuliner di Sulawesi Barat. Makanan ini telah dikenal sebagian besar masyarakat Suku Mandar, Sulawesi Barat bahkan hingga luar Sulawei. Bahkan, orang sudah banyak memesan baye ini, pokoknya wajib deh buat oleh-oleh. Karena rasa dan aromanya yang sangat khas, hingga lahirlah sebuah anekdot yang mengatakan, “kalau belum makan baye atau golla kambu, sama artinya kalian belum sepenuhnya berkunjung ke Tanah Mandar".

Kasippi


Sumber: Nanda Ijhy Jhyrana (Facebook)

Selanjutnya adalah kasippi, makanan khas Mamuju yang sangat enak, sering menjadi oleh-oleh ketika berkunjung ke Mamuju karena membawanya gampang dan bobotnya ringan, tapi perlu menggunakan kemasan yang baik agar kasippi ini tidak hancur saat di perjalanan. Walaupun tidak mengurangi cita rasanya tapi penampilannya tidak menarik. Kasippi ini ada dua jenis, ada yang bundar datar saja, ada yang setengah bundar karena dilipat dua, serta ada juga yang dilipat empat.

Cokelat Macoa



Cokelat Macoa sering dikatakan sebagai cokelatnya orang Mandar karena ini adalah satu-satunya dan yang pertama menjadi produsen cokelat batang yang ada di Polewali Mandar. Cokelat Macoa diolah dari bahan baku pilihan yang di peroleh dari para petani asli dari Sulawesi barat. Cokelat tersebut berasal dari biji yang bermutu dari fermentasi yang sehat dan Hygienis . Untuk pemesanan gampang kok, langsung saja datang ke gerai Macoa di Jl. Ahmad Yani No. 02, Sidoarjo, Wonomulyo. Polewali Mandar.

Demikian artikel tentang makanan dan oleh-oleh khas Mamuju, jadi jika berkunjung jangan lupa membeli paling tidak satu dari yang kami sebutkan. Tapi kalau bisa borong oleh-oleh khas Mamuju buat saudara-sausara kalian di luar sana.

Posting Komentar

Komen aja, asalkan jangan spam!

Lebih baru Lebih lama