Loka Sari Khas Mandar, Resep dan Cara Pembuatannya


Siapa yang tidak kenal kuliner yang satu ini. Orang dari suku Mandar sering menyebutnya sebagai “Loka Sari”, yaitu menu dengan bahan utama pisang yang diberi kuah santan kental. Masakan ini sering disajikan sebagai set menu saat makan malam di malam hari.

Loka Sari adalah menu yang cukup mudah untuk dibuat, hanya membutuhkan satu buah pisang (jenis pisang jantan) dan kelapa untuk membuat santan kental. Sederhananya, Loka Sari adalah hidangan pisang dengan santan dan umumnya orang mengenal hidangan ini dengan nama "pisang kolak", hidangan standar yang ditemukan hampir di mana-mana di Indonesia.

Resep cara membuat Loka Sari adalah sebagai berikut:


Bahan:
  • 1 sisir pisang raja matang (bisa pakai pisang jenis lain)
  • 1 kelapa
  • Gula dan garam (sesuai selera)
Bagaimana cara pembuatannya:
  • Kupas pisang, potong setengah miring (untuk menambah kesan estetis, jika dipotong lurus tidak enak dipandang mata)
  • Parut kelapa dan buat santan hingga agak kental, untuk loka sari yang enak buat santan yang lebih kental, tetapi jika ingin loka sari yang kurang kental.
  • Masukkan semua bahan ke dalam panci, lalu didihkan sampai pisang empuk, jangan lupa tambahkan gula untuk rasa manis dan sedikit garam untuk menonjolkan rasa asin di akhir kelezatannya.
  • Sajikan panas atau dingin

Itulah resep singkat dan cara membuat Loka Sari Mandar yang khas. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara mengolahnya pun tidak sulit, wajar jika masakan ini sering kita jumpai dan populer di daerah Mandar di Sulawesi Barat.

Ada beberapa orang yang juga suka membuat masakan Loka Sari “sayur” di menunya, aneh kedengarannya, mungkin ada modifikasi rasa dan resepnya. Semuanya kembali ke selera produsen dan penikmat menu ini.

Posting Komentar

Komen aja, asalkan jangan spam!

Lebih baru Lebih lama