Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Sulawesi Barat adalah provinsi ekspansi di Pulau Sulawesi yang memiliki ibukotanya di Mamuju. Daerah ini terkenal untuk memproduksi kakao dan juga biji kopi Robusta dan juga Arabica. Namun, selain itu masakan tradisional Sulawesi Barat juga merupakan sesuatu yang tidak boleh dilewatkan ketika mengunjungi Mamuju.

Penasaran bagaimana rasa kuliner Mamuju di Sulawesi Barat? Lihatlah beragam makanan khas Mamuju di bawah ini:


Masakan Kuliner Tradisional Mamuju, Sulawesi Barat


1. Kue Cucur

Berbicara tentang makanan khas Mamuju dan Sulawesi Barat, salah satu yang paling populer adalah kue cucur. Hidangan tradisional Sulawesi Barat berbentuk datar ini sering dimeriahkan berbagai perayaan di Mamuju dan sekitarnya.
Kue Cucur
Terbuat dari tepung beras dan gula merah yang digoreng dengan minyak kelapa Mandar, kuliner Mamuju di Sulawesi Barat memiliki rasa manis khas yang dijamin membuat Toppers tidak menyesal mencicipinya.

2. Bau Piapi

Apakah Anda suka makanan laut dan makanan laut? Aroma piapi dapat menjadi kuliner tradisional dari Sulawesi Barat yang dicoba Toppers ketika mengunjungi Kota Mamuju.

Bau Peapi
Terbuat dari daging ikan segar olahan yang dimasak dengan rempah-rempah kuning yang kaya, kesegaran kuliner Mamuju ini akan menjadikan pengalaman kuliner Anda sempurna di Mamuju. Dilengkapi dengan sepiring nasi hangat, Toppers tentu tidak bisa menolak kelezatan makanan khas Sulawesi Barat ini.


3. Apang

Apang adalah kue tradisional Sulawesi Barat, terutama di daerah Mandar. Memiliki warna kecoklatan dengan bahan dasar gula aren dan tepung beras kukus, kue ini bisa menjadi camilan manis saat berlibur di Sulawesi Barat.

Apang

Makanan khas Mandar sering disajikan dengan taburan kelapa muda dan sangat pas untuk menjadi teman minum kopi dan bersantai.

4. Sambusa

Makanan tradisional Mamuju berikutnya yang bisa menjadi pilihan Anda adalah Sambusa. Berbentuk segitiga, Sambusa adalah sejenis makanan goreng dengan isian berupa daging ikan olahan yang lezat.

Sambusa
Popularitas kuliner Sulawesi Barat juga tersebar luas dan selalu menjadi pilihan favorit wisatawan yang mengunjungi Kota Mamuju dan sekitarnya.

5. Jepa

Jepa
Jepa adalah pilihan kuliner berikutnya dari suku Mandar yang dapat ditemui Toppers saat mengunjungi Sulawesi Barat. Bulat pipih, makanan tradisional Mandar ini terbuat dari Sagu atau Singkong yang bagian tengahnya diperkaya dengan rasa manis gula aren.

6. Roti Pawa

Sepintas makanan tradisional Mamuju yang satu ini tampak seperti bakpau. Sama-sama dimasak dengan dikukus, yang membuat perbedaan antara Bakpau dan Roti Pawa adalah tepungnya yang juga dicampur dengan tepung beras.

Roti Pawa
Isi kue tradisional khas Sulawesi Barat juga terbilang unik, yaitu olahan kacang olahan yang dicampur dengan gula merah dan gula pasir. Sensasi kacang dan gula merah yang lembut dan manis tentu sangat menarik untuk dicoba.

7. Kue Paso

Pilihan kuliner Mandar yang bisa ditemui Toppers di Sulawesi Barat adalah Paso. Kerucut dan dibungkus dengan daun pisang, Paso adalah kue tradisional Sulawesi Barat yang terbuat dari tepung beras, santan, dan juga gula aren yang meleleh.

Kue Paso
Sayangnya, kuliner tradisional Mandar dengan tekstur kenyal dengan rasa manis jarang ditemukan sekarang.

8. Bolu Paranggi

Mengunjungi pasar tradisional di Sulawesi Barat, khususnya di daerah Mandar, tentu tidak akan sulit untuk memenuhi jajanan tradisional yang satu ini. Berbentuk mangkuk kecil, Bolu Paranggi terbuat dari tepung dan juga gula aren sehingga rasanya manis menggoda.

Bolu Paranggi
Bolu Paranggi sangat cocok untuk camilan sore bersama dengan segelas teh panas favorit Anda atau kopi yang diseduh.

9. Kue Kui Kui

Jika Toppers pernah mencicipi Kue Pukis, mungkin Anda akan berpikir bahwa makanan khas Sulawesi Barat ini adalah makanan yang sama. Namun, Kui-Kui sebenarnya memiliki bentuk yang lebih panjang.

Kui-kui
Dengan rasa yang tidak jauh berbeda dengan cake cake, makanan khas Mandar Sulawesi Barat sangat cocok untuk Toppers yang menyukai cake cake kuliner.


10. Tetu

Makanan tradisional Mamuju berikutnya sangat mudah ditemukan sebelum bulan Ramadhan karena Tetu memang pilihan populer untuk berbuka puasa.

Kue etu

Disajikan dalam bentuk daun persegi panjang, makanan khas Sulawesi Barat ini terbuat dari tepung yang dicampur dengan gula aren dan gula pasir. Campuran ini kemudian diaduk dengan santan dan dikukus hingga matang.