Inilah Makanan Khas Mandar yang Akan Selalu Membuatmu Rindu Kampung

Siapa bilang hanya masakan modern yang bisa populer di tengah gempuran makanan kontemporer? Wisata kuliner tentu tidak lepas dari jajanan tradisional yang sudah ada sejak dulu dan biasanya memiliki resep turun-temurun. Daerah yang layak dijelajahi untuk wisata kuliner adalah Sulawesi Barat, salah satunya adalah makanan yang terbuat dari ikan. Apa saja kuliner Sulawesi Barat yang terbuat dari ikan yang masih bertahan?

Tumpi-tumpi

Sebutannya Pupu' atau biasa disebut Tumpi tumpi

Dapat digolongkan sebagai lauk, makanan ini terbuat dari ikan terbang yang dicampur dengan bumbu - bumbu seperti bawang, ketumbar, serai, dan lainnya dan ditambahkan kelapa parut. Campuran ditumbuk halus dan kemudian dicampur dengan tepung. Setelah itu, terbentuk segitiga, kemudian digoreng hingga berwarna coklat. Tumpukan memiliki cita rasa ikan terbang yang khas.

Aroma Bau peapi

Aroma bau peapi yang khas Mandar

Kuliner Sulawesi Barat ini berasal dari suku Mandar, dibuat dari ikan segar seperti cakalang, tuna atau bandeng. Keistimewaan panganan ini terletak pada bumbu-bumbu yang menggunakan bumbu khas Mandar seperti asam mangga, bawang khas Mandari yang bentuknya mirip daun bawang, dan bubuk kunyit. Aroma peapi adalah sayuran yang memiliki rasa asam dan gurih. Teman seorang pelancong bisa memakan aroma peapi ditemani jepa, kuliner khas Mandar yang terbuat dari singkong.

Bau Toppaq

Bau Tapa Toppa'

Aroma toppaq dibuat dari tuna atau cakalang yang telah dipotong secara melintang kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari. Setelah itu, tuna diolesi dengan garam dan cabai rawit dihancurkan dan kemudian disiram dengan minyak Mandar yang terkenal harum. Aroma toppaq memiliki aroma yang khas berkat penggunaan serat kelapa selama proses merokok. Teman teman bisa menikmati ikan asap ini dengan nasi hangat.

Gogos Kambu

Gogo kambu
Kuliner Sulawesi Barat ini terbuat dari beras ketan dan santan yang dicampur kemudian dibungkus dengan daun pisang. Bentuknya mirip dengan lemper tetapi lebih panjang, hanya saja cara memasaknya dibakar atau dibakar. Gogos bisa dibilang pengganti makanan untuk beras di wilayah Sulawesi. Ada dua jenis gogos, yaitu yang tidak memiliki konten dan yang memiliki konten, yang biasa disebut gogos reliu. Isi Gogos Sambu biasanya diparut dengan tuna berbumbu. Camilan ini memiliki rasa gurih dengan tekstur yang lembut.

Keempat camilan yang dijelaskan di atas hanyalah segelintir dari banyak kuliner di Sulawesi Barat. Masih banyak hal yang pasti bisa diuji. Jadi, Friend Traveler siap berangkat ke Sulawesi Barat dan mencicipi varian makanan khas?
Lebih baru Lebih lama