Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Meskipun bepergian itu menyenangkan, bepergian juga berisiko bagi kesehatan Anda. Misalnya, seperti efek jet lag, perbedaan suhu dan suhu tempat tinggal dan tujuan wisata, makanan baru, potensi paparan bakteri dan virus dan juga risiko mengalami stres di perjalanan. Semua itu tentu saja dapat menyebabkan menurunnya kesehatan hingga akhirnya sakit.

Tips Traveling Sehat (Sumber Foto : Portal berita bisnis wisata)

Tentunya akan sangat merepotkan saat Anda sakit dalam kondisi bepergian. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak tips yang bisa dipraktikkan agar menjaga kesehatan saat bepergian, seperti dikutip dari WellSeek.inc (24/5).

Sebelum Bepergian
Untuk mencegah paparan flu atau demam saat bepergian, Anda harus secara teratur mengonsumsi vitamin D dan B12. Kedua vitamin ini sangat bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Apalagi saat bepergian mudah membuat tubuh menjadi lelah karena melakukan banyak aktivitas seharitips-sehat

Vitamin B multi sangat berguna untuk energi dan kekebalan tubuh. Tentu saja, ini juga sangat berguna jika Anda sering pergi tidur saat bepergian untuk memanfaatkan waktu liburan. Meski begitu, kurang tidur saat bepergian tidak baik untuk kesehatan. Jadi, batasi dan jangan begadang terlalu sering ya.

Bawa obat-obatan yang berhubungan dengan demam / flu. Misalnya, seperti pelega tenggorokan, obat penurun panas atau mungkin obat herbal seperti teh herbal yang dapat menjaga tubuh tetap hangat.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Bepergian
Minumlah air yang cukup dari bandara. Untuk beberapa maskapai penerbangan, tidak diperbolehkan membawa air mineral botolan. Selalu periksa syarat dan ketentuan saat memesan tiket penerbangan. Jadi, cobalah minum yang cukup agar Anda tidak mengalami dehidrasi selama perjalanan panjang di pesawat. Dalam kondisi ruangan tertutup dengan pendingin biasanya tubuh akan lebih mudah mengalami dehidrasi dibandingkan dengan trekking menyusuri jalan di sabana.


Makanan ringan

Jangan remehkan cemilan. Dalam kondisi bepergian apa pun bisa terjadi. Penundaan pesawat, kemacetan jalan yang menghambat perjalanan Anda dengan waktu yang tidak singkat. Sangat penting jika Anda membawa makanan ringan. Usahakan tidak berminyak dan mudah basi. Ini juga sangat penting bagi Anda yang mengalami mulas akut. Jangan sampai terlambat makan saat bepergian.



Setibanya di Tujuan Perjalanan

Perjalanan panjang di pesawat akan sangat melelahkan jika terbang lebih dari enam jam. Apalagi jika Anda harus melakukan perjalanan hingga 12 jam. Sangat melelahkan berada di pesawat untuk waktu yang sangat lama.

Karena itu, jangan memaksakan diri untuk bepergian begitu Anda tiba di tujuan. Segera pesan hotel untuk istirahat sejenak. Manfaatkan waktu setelah mendarat untuk meregangkan otot dan meluruskan pinggang. Lakuka kanji dan jika bernafas mengembalikan kesegaran tubuh setelah lelah dalam perjalanan.

Cukup tidur

Salah satu alasan utama mengapa sistem tubuh Anda terganggu atau menurun disebabkan oleh pola tidur yang berubah dan lebih pendek dari biasanya. Jika saat tidak bepergian, Anda terbiasa tidur selama delapan jam, jangan menguranginya secara drastis, misalnya, jadi hanya setengahnya. Kurangi hanya seperempat. Akan lebih baik untuk mencuri dan menggunakan waktu untuk beristirahat ketika terkena penundaan, lalu lintas atau kegiatan yang membuat Anda tidak punya pilihan lain selain tidur dan beristirahat.

Akrab dengan Buah

Mungkin Anda memang bisa membawa berbagai jenis vitamin untuk membantu dan menjaga kekebalan tubuh. Tetapi tidak ada vitamin dan anti oksidan yang lebih baik yang diperoleh dari buah dan sayuran segar.
Manfaatkan waktu sesempit mungkin untuk membeli buah segar. Anda bisa mengupasnya di hotel dan menjadikannya camilan sehat agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Mencuci tangan

Lingkungan yang lembab dan beberapa tempat wisata mungkin menjadi tempat bertemu virus dan bakteri. Jadi, selalu ingat untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah bersentuhan dengan apa pun. Dengan begitu Anda akan mengurangi potensi paparan virus dan bakteri berbahaya.

Jangan Dehidrasi

Jaga kondisi tubuh Anda agar Anda tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Kondisi di dalam dan luar ruangan sangat berbeda dan cenderung ada perbedaan suhu yang ekstrem. Lakukan tindakan pencegahan dengan meminum cukup air. Saat bepergian tubuh akan cepat kekurangan cairan dan merasa lapar. Jangan menunda makan dan haus. Atur jadwal makan Anda dengan benar sehingga kesehatan tubuh Anda tetap terjaga saat bepergian.