Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On

Trend YouTube sekarang lagi hangat-hangatnya, orang berlomba-lomba menjadi seorang Youtuber . Mengingat jumlah penonton YouTube di Indonesia bisa dikatakan sangat besar. Jadi tidak heran Youtuber bisa menjadi sarana menyalurkan hobi hingga menjadi sebuah profesi. Bahkan ada salah satu universitas di Indonesia yang membuka jalur khusus pendaftaran bagi seorang Youtuber di tahun ini. Keren kan?

Akses YouTube pun sekarang sudah sangat mudah, internet cepat sudah begitu luas. Di YouTube pun ada begitu banyak kategori video yang bisa dinikmati. Video traveling? Ada, video politik? Ada, video makan-makan? Jelas, video kehidupan artis? Udah pasti, video musik? Gak usah ditanya lagi. Bisa dikatakan apa yang kamu cari itu sekarang sudah ada semua di YouTube.

Youtuber Indonesia pun sangat banyak, bahkan tidak sedikit yang berani mengangkat kearifan lokal daerah masing-masing. Youtuber pertama yang saya kenal sangat kental dengan logat Jawa-nya yang khas yaitu Bayu Skak, terus ada juga Youtuber dengan logat Medan-nya yaitu, Arif Muhammad atau lebih dikenal dengan nama Mak Beti dan juga Maell Lee. Kira-kira Youtuber dari Tanah Mandar ada tidak? Jelas ada.


Kama Kaco adalah sebuah channel YouTube yang berisi konten-konten bergenre komedi khas daerah Mandar. Konten yang dibuat bukan hanya sekedar komedi, lebih dari itu juga terkandung edukasi di dalamnya serta kritik sosial yang dikemas dalam bentuk komedi ala anak Mandar jaman dahulu.

Kama Kaco yang ditampilkan dalam setiap videonya memiliki watak "mae'di loa" atau dalam bahasa Indonesia berarti cerewet. Siap-siap saja anda merasa tergelitik bahkan tertawa terbahak-bahak melihat tingkahnya, karena siapa saja yang berhadapan dengan dia sudah pasti diomeli habis-habisan. Semua pemeran yang tergabung dalam channel tersebut adalah kumpulan anak-anak muda kreatif yang masih berusia remaja. Oh iya, semua videonya itu berbahasa Mandar, tapi tenang saja, buat kalian yang tidak paham dengan bahasa Mandar, dalam video tersebut sudah dilangkapi subtitle.

Harapan yang diingankan dari channel Kama Kaco ini adalah sekedar berbagi kebahagian ataupun keresahan kepada semua penonton. Dalam satu bulan terakhir ini, channel Kama Kaco bisa dikatakan sangat produktif. Mereka bahkan bisa mengupload satu video di setiap harinya. Total hingga saat ini subscriber mereka sudah mencapai 1000 subscribers.