Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On

Objek wisata di Tanah Mandar memang sangat banyak, mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata budaya dan wisata kuliner. Nah, di tulisan kali ini yang ingin saya bahas adalah sebuah destinasi wisata yang bisa dikatakan masih baru yang lokasinya begitu mudah ditemukan.

Objek wisata ini terletak di kawasan yang terkenal dengan nama Kawasan Wisata Religi Imam Lapeo. Lokasinya memang tidak jauh dari Masjid Nurul Taubah atau lebih populer disebut Masjid Lapeo, jika berjalan kaki mungkin hanya akan menghabiskan waktu selama 15-20 menit saja.

Pantai Wisata Lapeo ini terletak di Desa Lapeo, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Jika kalian telah menemukan SMAN 1 Campalagian tepat di pinggir Jalan Poros Majene, nah, lorong yang di depan sekolah adalah rute tercepat ke pantai tersebut.

DI sepanjang perjalan, kalian akan melewati beberapa rumah warga dan juga tambak ikan dan udang milik para nelayan setempat. Dikarenakan melewati tambak yang cukup sempit dan hanya terbuat dari tanah, bukan dari beton maupun aspal, maka kendaraan yang masuk cukup terbatas. Kalian hanya bisa lewat dengan berjalan kaki atau kendaraan roda dua saja. Menariknya di sepanjang perjalanan sekitaran tambak, jika kalian beruntung maka kalian dapat menikmati sekumpulan burung beterbangan. Di tengah-tengah tambak kalian juga bisa menikmati pemandangan bukit yang melintang di arah barat.

Pantai Wisata Lapeo ini adalah salah satu sumber penghasilan masyarakat setempat. Terbukti di sepanjang pinggir pantai dipenuhi dengan kapal-kapal milik nelayan setempat. Selain itu, karena pantai ini memiliki pemandangan yang indah, banyak orang-orang yang berdatangan untuk sekadar berwisata bersama keluarga, bermain-main ataupun bagi para anak muda untuk nongkrong.

Melihat keadaan yang seperti itu, muncullah inisiatif anak-anak muda setempat untuk menjadikan pantai ini sebagai objek wisata. Mereka mulai mendirikan baruga di sekitaran pantai untuk bersantai. Sementara ini juga sedang dibangun wahana-wahana permainan untuk para wisatawan, apalagi dalam waktu dekat ini akan diadakan beberapa acara dan juga festival.