Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On

Dalam meningkatkan perekonomian di sebuah desa, salah satu hal mendasar diperlukan adalah bagaimana mengelola potensi yang ada di daerah tersebut sehingga mampu menghasilkan sebuah produk yang mempunyai nilai tambah. Sama seperti halnya yang dilakukan oleh sekumpulan ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok Sipakario, Dusun Palungan, Desa Sambali-wali, Kecamatan Luyo, Kebupaten Polewali Mandar. Produk yang dibuat adalah  Gula Semut Aren yang terbuat asli dari bahan organik.

Berkat kerja keras dan dukungan dari  beberapa kalangan ibu-ibu, maka tercipta sebuah lapangan pekerjaan di desa dengan memberdayakan tenaga kerja perempuan yang produktif dan inovatif. Sehingga peran seorang ibu rumah tangga mempunyai peran lebih dalam membantu suami dalam mencari nafkah.


Kelompok yang bernama Sipakario ini baru mulai di tahun ini, tepatnya di bulan Februari 2019. Awal terbentuknya kelompok Sipakario ini bermula dari seorang anak muda bernama Nilawati. Ia melihat sumber daya di desanya itu seharusnya mampu membuat masyarakat seharusnya lebih mandiri, produktif, kreatif dan inovatif. Melihat ibu-ibu yang kebanyakan menganggur padahal banyak sumber daya yang bisa diolah, ia kemudian terpanggil untuk membuat mereka ikut bergerak dalam pembangunan melalui usaha produk rumahan. Kebetulan dan sangat beruntung karena ada perusahaan yang juga punya program yang sama dalam hal pemberdayaan masyarakat dan mau jadi sponsor dalam kelompok tersebut. Perusahaan tersebut bernama Barry Callebaut.

Gula Semut Aren ini murni terbuat dari buah aren yang didapatkan dari kebun milik sendiri. Kemudian diproduksi oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Sipakario sehingga jadilah sebuah produk yang punya nilai jual yang lebih di pasaran. Karena terbuat dari aren murni sehingga tentunya lebih rendah kalori dan lebih sehat. Gula Semut Aren ini tentunya bisa digunakan sebagai pengganti gula pasir.

Dengan budget sekitaran Rp20,000 maka kalian sudah bisa mendapatkan satu kemasan Gula Semut Aren dengan ukuran 250 gram. Untuk sementara ini pemasarannya masih dalam skala pasar lokal dan terkadang ada beberapa pesanan dari luar kota. Jadi buat yang berada di luar kota dari ingin memesan Gula Semut Aren ini bisa melalui akun Facebook miliknya, yaitu Perempuan Sipakario.