Type something and hit enter

author photo
By On

Sulawesi Barat adalah provinsi yang ke-33 di Indonesia, provinsi yang terbentuk dari pemekaran Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2004. Ibu kota Provinsi Sulawesi Barat ini adalah Mamuju, yang secara geografis berada di tepi barat pulau Sulawesi. Walaupun terbentuk dari wilayah pemekaran, Sulawesi Barat juga terkenal sebagai provinsi yang kaya dengan adat dan budayanya. Mulai dari bahasa, suku, rumah adat, pakaian tradisional, tarian, senjata, alat musik dan lagu daerah.

Untuk tetap melestarikan itu semua maka akan segera hadir Boyang Keccu', yang dalam bahasa Indonesia berarti rumah kecil. Tempat ini hadir sebagai galeri budaya Sulawesi Barat khususnya pada sektor kain tradisional khas Sulawesi Barat. Boyang Keccu adalah wadah untuk melestarikan budaya serta wadah untuk mengenal warisan budaya di Sulawesi Barat.

Boyang Keccu rencana akan dilaunching tahun depan nanti, untuk saat ini masih dalam proses pembangunan. Lokasinya berada di Manding pas di kaki Gunung Puncak Manding, dekat dengan kampus Universitas Al-Asyariah Mandar, kota Polewali.

Untuk tahap awal koleksi yang ada di Boyang Keccu baru Kain Tenun Sumbu' dari Mamasa, Kain Sutra Sa'be dari Mandar dan Kain Tenun Sekomandi dari Kalumpang. Selain itu juga ada baju-baju adat yang ada di SUlawesi Barat yang saat ini masih dalam proses perancangan.

Ide dari lahirnya Boyang Keccu ini muncul dari seorang wanita bernama Nilawati. Ia merupakan lulusan dari jurusan Seni Tari di salah satu universitas negeri di Kota Makassar. Keinginannya untuk mendirikan Boyang Keccu ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2014 dan di tahun 2016 ia sudah melakukan survey langsung ke lapangan tentang penenun lokal. Tak sendiri, ia ditemani dengan satu orang temannya yang juga punya visi dan misi dalam hal ini.

Beberapa koleksi dari boyang keccu:





Masih ada banyak koleksi yang akan dihadirkan di Boyang Keccu' nantinya, tunggu saja launchingnya di tahun depan. Oke, untuk saat ini itu saja dulu yang kami tuliskan, untuk selanjutnya akan kami tuliskan kembali pada saat launching Boyang Keccu' ini. Jadi jangan lupa untuk selalu mengintip website kami, atau kalian bisa follow agar tidak ketinggalan tulisann-tulisan kami.

Click to comment