Type something and hit enter

author photo
By On

Sulawesi merupakan daerah penghasil kakao terbesar di Indonesia. Bukan hanya terbesar, namun juga terbaik dari segi kualitas. Jadi, sangat sayang rasanya kalau buah kakao yang dihasilkan oleh para petani tidak diolah langsung oleh masyarakat kita sendiri. Oleh karena itu, hadirlah Mandar Cokelat atau Macoa sebagai produsen cokelat hasil panen dari para petani kakao lokal.

Macoa ini adalah cokelah olahan pertama di tanah Mandar. Buah kakao diambil dari para  petani lokal yang umumnya berasal dari daerah Polman dan Majene. Buah yang diambil sudah dalam keadaan berbentuk biji. Beberapa biji yang sudah kering atau difermentasi dan kebanyakan masih biji basah, alasannya karena para petani masih kurang begitu paham mengenai fermentasi dan standar pengeringan. Kemudian buah kakao dari petani ini diproduksi langsung lalu dikemas menjadi sebuah produk bernama Mandar Cokelat atau Macoa. Sebuah cokelat olahan asli dari tanah Mandar.


Berproduksi sejak tahun 2015 sampai sekarang, Macoa kini semakin berkembang. Terbukti sekarang ini sudah melakukan banyak kerja sama di kota Makassar dan Mamuju seperti di beberapa toko oleh-oleh, hotel dan juga bandara.

Macoa dikelola oleh empat orang, diantaranya M. Haritz Satrio sebagai Direktur Utama, M. Akbar Anas sebagai Kepala Bagian Produksi, Taqwim sebagai Kepala Bagian Pengemasan dan Dheny Frisandi Nur sebagai Kepala Bagian Pemasaran. Saat ini Macoa berlokasi di Jl. Ahmad Yani No. 2 Sidorejo, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat.

Ada banyak variant rasa yang disediakan di Cokelat Macoa, diantaranya cokelat susu, cokelat susu mente, cokelat hitam, cokelat hitam mente, cokelat hitam 80%, cokelat susu strawberry dan cokelat mini serta masih banyak variant rasa baru yang akan dirilis bulan depan.



Untuk masalah harga, tidak perlu dikhawatirkan lagi, hanya dengan modal belasan ribu rupiah, teman-teman sudah bisa menikmati satu buah cokelat olahan asli dari tanah Mandar ini. Pastinya, liburan ke Polewali Mandar berarti kalian juga harus menikmati rasanya Mandar Cokelat ini. Sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh buat keluarga ataupun pacar tercinta, dijamin makin disayang deh.

2 komentar

avatar

Ayo dukung produk-produk lokal.

avatar

Wah enak banget , hampir salah fokus kalau cokelatnya dari tanah

Click to comment