Type something and hit enter

author photo
By On

Siapa yang tidak pernah menyivipi makanan satu ini? Hampir semua masyarakat suku Mandar pasti pernah memakan makanan satu ini. Makanan satu ini disebut Jepa.

Jepa merupakan makanan yang terbuat dari sagu maupun singkong yang telah dihaluskan. Makanan satu ini sangat mantap jika dinikmati bersama dengan Ikan masak Khas Mandar maupun ikan Tuing-Tuing Tapa.

Berikut proses pembuatan Jepa secara Tradisional: 

Pertama-tama siapkan sagu ataupun singkong yang telah halus dipanaskan menggunakan tungku, lalu sagu yang halus dibuat secara merata di permukaan tungku.


Kemudian tumput tungku satu persatu di atas pembakaran untuk menekan jepa yang berada dibagian bawah. Usahakan setiap sisinya rata agak bentuknya tidak rusak.


Setelah cukup lama terpanggang, kurang lebih sekitar 5 menit. Angkat tungku dan letakkan jepa pada wadah yang disediakan. 


Jika kalian ingin menambah rasa manis gula merah, anda pun bisa mencampurkan gula merah dan sagu yang telah dihaluskan lalu dipanggan. setelah pemangganan selesai anda boleh menambahkan susu dn keju untuk membuat jepa manis, nah ini cocoknya sebagai cemilan teman bersama kopi maupun teh saat sarapan pagi hari


Nah cukup mudahkan pembuatan jepa, tapi kalau kawan-kawan gak mau repot bikin makanan satu ini mudah dijumapai di pasar-pasar tradisional khususnya pasar Tinambung, Campalagian, Mapilli dan  Wonomulyo

Click to comment