Type something and hit enter

author photo
By On
Pada zaman sekarang ini permainan tradisional mulai ditinggalkan, hal ini dikarenakan semakin berkembangnya teknologi. Anak-anak zaman sekarang lebih suka memainkan permainan modern seperti game online, game console ataupun permainan-permainan yang tersedia di pusat perbelanjaan. Padahal permainan tradisional lebih memberikan banyak manfaat, karena permainan tradisional membuat anak-anak lebih banyak mengerakan tubuh mereka sehingga akan membuat tubuh mereka lebih sehat.


Selain berbagai permainan tradisional, Indonesia juga memiliki beragam mainan tradisional yang biasa dimainkan oleh anak-anak zaman dulu. Berbagai mainan tradisional yang terbuat dari bambu akan membuat Agan sista teringat pada masa-masa di mana anak-anak belum terlalu sibuk dengan kecangihan gadget. Sekarang ini sudah sangat jarang kita menjumpai mainan yang terbuat dari bambu ini di mainkan oleh anak-anak.

Namanya adalah bajil-bajil (sebutan masyarakat suku Mandar), permainan ini merupakan permainan yang digemari anak-anak 90-an, yah saat ini sangat jarang kita melihat anak-anak sekarang membuat permainan seperti ini.

Cara menggunakannya sanagat simpel yaitu dengan bermodalkan bambu kecil dan kertas koran (sebenarnya segala macam kertas) yang direndam di air lalu buat bulatan kecil, akhirnya siap nembak cewek? Eh, nembak musuh maksudnya. Hehehe...

Cara membuatnya yaitu pilih bambu yang ukurannya kecil, lalu potong dengan ukuran 25 cm – 30 cm, lalu cari bilah bambu yang lain yang akan dijadikan tenaga pendorong yang membuat peluru dari kertas mampu keluar dari mulut bambu kecil. Permainan terbilang cukup aman bila terkena kulit paling hanya luka memar ringan.

Click to comment