Type something and hit enter

author photo
By On


Burung Mandar kelam ( Gallinula tenebrosa ) adalah spesies burung mandar dalam family rallidae dimana burung ini tersebar di Indonesia, Australia, dan Selandia Baru. Dalam bahasa Jawa, burung mandar kelam sering disebut dengan burung ( manuk ) opel – opelan dan ada yang menyebutnya pitik – pitikan ( ayam – ayaman ). Seperti apakah burung mandar kelam?

berburu burung mandar
Ya seperti yang tergambar pada namanya, burung ini berbentuk seperti ayam dengan cengger merah dikepalanya dan warna bulu hitam pekat. Namun perlu diingat bahwa burung opelan yang punya cengger justru yang betina dan yang jantan warnanya abu – abu hitam dengan corak garis – garis. Ukuran burung ini sama dengan besar ayam ukuran sedang yaitu sedikit lebih besar dari burung dara. Mandar kelam menghuni rawa – rawa di dataran rendah. berenang di dekat vegetasi, beristirahat di panggung – panggung yang terbuat dari rumpun bambu.

Burung ini memakan tumbuhan dan serangga. Bersarang di tepi perairan dan jumlah telur saat sekali bertelur adalah 5 hingga 18 butir berwarna keputih – putihan. Burung mandar kelam ini menjadi binatang yang banyak diburu oleh masyarakat karena beberapa hal, yaitu karena jumlahnya yang banyak, dagingnya yang enak dan terhitung cukup banyak, dan kebiasaan burung mandar kelam yang biasanya menginjak – injak tanaman padi untuk dijadikan tempat bertengger sehingga membuat para petani geram dan ingin memburunya.

Klasifikasi Ilmiah Burung Mandar Kelam adapun klasifikasi ilmiah burung mandar kelam adalah sebagai berikut :

Kerajaan  : Animalia
Filum        : Chordota
Kelas         : Aves
Ordo         : Gruiformes
Famili       : Rallidae
Genus       : Gallinula

Spesies     : Gallinula tenebrosa

Click to comment