Hari AIDS Sedunia 2013

Nasi Berenang: Hidangan Gurih dari Polewali Mandar yang Memikat Selera

Tampilan Nasi Berenang

Polewali Mandar, sebuah kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Barat, memiliki beragam kuliner lezat yang patut dicoba. Salah satu hidangan yang menarik perhatian adalah Nasi Berenang. Nama yang unik ini diberikan oleh para pelanggan yang terpesona oleh penampilan menarik hidangan ini.

Nasi Berenang merupakan hidangan yang menggoda selera dengan tampilan yang mengingatkan kita pada soto. Dalam penyajiannya, nasi berenang dihidangkan dengan kuah kaldu ayam yang harum, yang disiram di atas nasi, menciptakan ilusi bahwa nasinya sedang berenang.

Isian dari Nasi Berenang terdiri atas daging ayam yang disuwir, tauge, kol yang telah dipotong-potong, serta mi. Selain itu, bawang goreng, daun seledri, dan kacang tanah goreng juga turut hadir sebagai pelengkap. Gabungan bahan-bahan ini menciptakan perpaduan rasa dan tekstur yang menggugah selera.

Salah satu kunci kelezatan Nasi Berenang terletak pada kuah kaldu ayam yang digunakan. Kuah kaldu panas ini dimasak dengan bumbu-bumbu yang kaya dan nikmat. Bumbu-bumbu yang umum digunakan, seperti bawang putih dan merah, lengkuas, jahe, kunyit, kemiri, ketumbar, merica, hingga sereh, memberikan aroma dan citarasa yang khas pada kuah kaldu ayam ini.

Penyajian Nasi Berenang

Proses penyajian Nasi Berenang dimulai dengan meletakkan nasi di atas mangkok. Kemudian, kuah kaldu ayam yang telah dimasak dengan bumbu-bumbu yang kaya tersebut disiram secara melimpah di atas nasi, menciptakan ilusi nasinya sedang berenang.

Setelah itu, daging ayam yang disuwir, tauge, kol, dan mi diletakkan di atas nasi yang sedang “berenang” tersebut. Diakhiri dengan taburan bawang goreng, daun seledri, dan kacang tanah goreng sebagai pelengkap yang memberikan aroma dan rasa yang kaya pada hidangan ini.


Nasi Berenang Sangat Populer di Daerah Kecamatan Wonomulyo

Nasi Berenang bukan hanya menawarkan tampilan yang menggugah selera, tetapi juga kelezatan yang memanjakan lidah. Rasanya yang gurih dan segar dengan campuran bumbu yang tepat membuat hidangan ini begitu istimewa. Kombinasi antara kuah kaldu ayam yang kaya dengan tekstur mi dan beragam isian yang lezat menjadikan Nasi Berenang sebagai hidangan yang cocok dinikmati kapan saja.

Nasi Berenang telah menjadi hidangan yang sangat populer di daerah Kecamatan Wonomulyo. Dengan tampilan yang menggugah selera dan cita rasa yang lezat, hidangan ini telah menjadi favorit di kalangan penduduk setempat maupun wisatawan yang datang ke daerah tersebut.

Jika Anda berada di Polewali Mandar, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba Nasi Berenang yang lezat ini. Rasanya yang kaya dan tampilannya yang menggugah selera akan membuat Anda terpesona. Nikmati pengalaman kuliner yang tak terlupakan dengan mencicipi Nasi Berenang, hidangan gurih yang menggoda selera dari Polewali Mandar.
Lebih baru Lebih lama