Hari AIDS Sedunia 2013

Halal Bihalal di Masjid Nur Al-Sajadah Rappogading Selatan: Menjalin Kebersamaan dalam Meraih Kebahagiaan


Pada hari Minggu, 30 April 2023, Masjid Nur Al-Sajadah di Rappogading Selatan, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar menjadi saksi dari sebuah acara yang bernama Halal Bihalal. Acara tersebut dihadiri oleh jamaah Masjid, tokoh masyarakat, dan juga para tamu undangan yang datang dari luar daerah. Acara ini diadakan dengan tema “Menjalin Kebersamaan dalam Meraih Kebahagiaan”.

Halal Bihalal adalah tradisi yang umum dilakukan oleh umat muslim setelah selesai melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan Ramadan. Kegiatan ini merupakan ajang untuk mempererat tali silaturahmi dan memperbaiki hubungan antar sesama. Dalam kegiatan ini, para jamaah dan tamu undangan diharapkan dapat saling memaafkan, berbagi kebahagiaan dan kebersamaan, serta memperkuat tali persaudaraan.

Acara dimulai dengan membaca doa dan pembacaan ayat suci al-Quran untuk memohon berkah dari Allah SWT, serta pertunjukkan dari remaja masjid Nur Al-Sajadah. Selanjutnya, sambutan dan ucapan terima kasih diberikan oleh ketua panitia kepada seluruh jamaah, tamu undangan dan serta pebawaan hikmah oleh tokoh masyarakat yang hadir dalam acara tersebut.

“Silaturahmi dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan memberikan harta benda, pelayanan, kunjungan, maupun dengan sekedar ucapan salam. Apapun bentuknya, silaturahmi merupakan tindakan penting yang dapat memperkuat hubungan antarindividu serta memupuk rasa persaudaraan dalam kebersamaan.” ucap Zulkifli Razak, ketua panitia Halal Bihalal. 

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan berbagi kebahagiaan dan makan bersama. Seluruh jamaah dan tamu undangan duduk bersama-sama di tenda yang telah disiapkan oleh panitia dan menikmati hidangan makanan yang telah disajikan. Ada berbagai macam makanan yang tersedia, seperti jalankote, bolu, gogos, kue, dan masih banyak lagi.

Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan beberapa pertunjukan seni yang dilakukan oleh para pelajar dan anak muda setempat. Ada shalawat, tari, dan juga nyanyi religi. 

Kegiatan Halal Bihalal di Masjid Nur Al-Sajadah Rappogading Selatan, menjadi bukti nyata bahwa silaturahmi dan kebersamaan antar sesama sangat penting untuk dijaga dan ditingkatkan. Acara ini berhasil mempersatukan jamaah dan masyarakat setempat dalam kebersamaan dan kebahagiaan, serta menjadikan Masjid sebagai tempat yang bersifat inklusif dan ramah lingkungan bagi siapa saja.
Lebih baru Lebih lama