Hari AIDS Sedunia 2013

Memaknai Kalimat “Pappasang To Riolo” di Suku Mandar dan Nilai Luhur yang Dikandungnya

Foto: https://id.wikipedia.org/wiki/Suku_Mandar

Pappasang to riolo jika diartikan secara bahasa adalah sebuah pesan, wasiat, atau wejangan daripada leluhur di Suku Mandar. Meski hingga saat ini keberadaan Pappasang belum dapat diketahui secara pasti, namun sebagai warisan budaya masa lalu telah mencerminkan selera dan visi hidup serta cara berpikir masyarakat saat itu. 

Adapun makna yang terkandung dalam Pappasang biasanya berupa petunjuk tentang apa yang harus dilakukan, apa yang harus dikerjakan, apa yang harus galakkan, apa yang dianjurkan, dan apa yang dilarang untuk dilakukan. Jadi Pappasang sebagai panduan tentang bagaimana hidup dan menentukan sesuatu yang ideal tentang bagaimana seseorang harus hidup untuk menjalin hubungan dengan manusia lain dan penciptanya. 

Dalam penyampaiannya, Pappasang ini ada berbagai macam, mulai dari lagu, tulisan, dan ada pula dalam bentuk dialog. Adapun nilai-nilai yang terkadung di dalamnya, adalah sebagai berikut: 

Nilai yang terkandung dalam Pappasang:

Nilai Kejujuran

Salah satu faktor yang melatarbelakangi budaya masyarakat suku Mandar dalam kehidupan sehari-hari adalah kejujuran. Jika konsep ini diabaikan, maka akan menimbulkan ketidaknyamanan, kecemasan dan penderitaan di kalangan masyarakat. Karena yang menjadi indikator penilaian seorang pemimpin atau siapapun adalah kejujurannya. Kejujuran inilah yang menjadi dasar penilaian seseorang memulai atau tidak, tergantung sejauh mana pelaksanaan amanah yang sesuai dengannya terpenuhi. Konsep kejujuran ini harus dapat mencakup seluruh bidang kehidupan manusia, kapanpun dan dimanapun ditemukan, sehingga nilai-nilai kejujuran harus dipertahankan. 

Nilai Kepemimpinan

Untuk menjadi seorang pemimpin, baik formal maupun informal, diperlukan syarat-syarat tertentu, karena pemimpin merupakan lambang kebesaran dan kehormatan seseorang. Oleh karena itu, pemimpin harus terlebih dahulu dapat memenuhi kriteria, seperti berperilaku terpuji, memiliki visi yang luas, adil dan jujur, selalu memikirkan sebab dan akibat dari tindakannya./
Lebih baru Lebih lama