Hari AIDS Sedunia 2013

Hidden Gems Terbaik untuk Healing di Sulawesi Barat

Ingin berlibur ke tempat-tempat eksotis di Tanah Air? Indonesia nggak cuma punya Bali dan Nusa Tenggara lho! Kali ini, kamu bisa mencoba pergi ke kawasan timur Indonesia untuk pengalaman yang lebih menarik. Anak jaman sekarang menyebutnya sebagai hidden gems, nah buat kalian yang ingin liburan sepertinya di Sulawesi Barat ini bisa jadi destinasi yang pas untuk liburan kamu selanjutnya!

Hidden Gems Terbaik di Sulawesi Barat


Pulau Popongan

Sumber: bayu.khenu (Instagram)

Pulau Popongan merupakan salah satu dari 16 pulau yang ada di Kecamatan Bala-Balakang, Kabupaten Mamuju. Secara geografis, pulau ini terletak di tengah Selat Makassar yang merupakan selat yang memisahkan pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Surga Sulawesi Barat ini cocok untuk Anda yang ingin kembali ke alam. Anda dapat berkemah di sini dan menikmati pemandangan yang luar biasa, baik di darat maupun di laut, snorkeling atau menyelam. Anda bahkan dapat menemukan penyu besar di sini.

Untuk mencapai Pulau Popongan membutuhkan perjuangan, karena Anda harus menempuh perjalanan selama 10 jam di Kapal Perintis. Meski begitu, pengalaman di sini tidak akan mengecewakan, apalagi bagi yang suka berpetualang.

Pantai Tanjung Losa


Pantai Kabupaten Mamuju ini juga dikenal sebagai Pantai Spongebob atau Bikini Bottom of Mamuju. Pasalnya, kawasan ini memiliki pulau yang mirip dengan pulau yang muncul di adegan pembuka kartun SpongeBob.

Daya tarik lain dari pantai Tanjung Losa adalah terumbu karang alami yang masih sangat terjaga kelestariannya. Oleh karena itu, pantai ini bisa menjadi surga bagi mereka yang suka menyelam dan snorkeling. Tentu saja, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya di sini seperti spearfishing, berenang atau bahkan piknik di pantai.

Jarak dari pusat kota Mamuju ke pantai Batu Losa sekitar 20 km. Untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.

Buttu Pattumea Betteng



Buttu Pattumea Betteng berada di Kabupaten Majene. Wisata ini menawarkan panorama pegunungan, serta sejarah yang belum banyak diketahui selain oleh masyarakat sekitar.

Buttu Pattumea dikelilingi pegunungan yang seolah memperebutkan menara tertinggi. Di sisi barat, Anda bisa melihat laut biru yang seolah menyatu dengan langit biru. Sementara itu, di sisi selatan, Anda bisa melihat pemukiman yang bercahaya di malam hari. Jangan lupa Anda bisa mengunjungi Benteng Ammana I Wewang saat berada di sini.

Akses menuju kawasan wisata ini dapat dilakukan melalui jalan raya trans Sulawesi menuju pasar Pamboang di kota Tinambung. Setelah itu, Anda akan melanjutkan perjalanan ke Dusun Kaida, kemudian ke Desa Betteng.

Menarik, bukan? Yuk, jelajahi surga tersembunyi atau hidden gems di Sulawesi Barat ini untuk pengalaman eksplorasi nusantara lainnya!
Lebih baru Lebih lama