Keindahan Pulau Misool, Surga Tersembunyi di Papua Barat

Foto: ndsinatrya (Instagram)

Raja Ampat sebagai negara kepulauan di Papua Barat tentunya memiliki pulau-pulau yang dikelilingi pantai. Tersebar di 600 pulau, empat di antaranya merupakan pulau utama, yaitu Waigeo, Misool, Batanta dan Salawati.

Pulau-pulau ini menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak terkecuali Pulau Misool di Kepulauan Raja Ampat. Misool merupakan salah satu pulau yang memiliki deretan pantai dengan keindahan yang memukau.

Pesona Pulau Misool

Foto: ndsinatrya (Instagram)

Pulau ini terletak di lepas pantai barat pulau utama Papua dan berbatasan langsung dengan Laut Seram, yang merupakan jalur lalu lintas bagi banyak makhluk laut besar, termasuk ikan paus. Daratan Pulau Misool terdiri dari perbukitan, hutan lebat, dan hutan bakau.

Kemudian, di sisi timur dan barat pulau, terdapat labirin batu kapur yang menjorok ke laut dengan warna biru toska yang indah. Pemandangan laut yang indah ini, juga ditemani pasir putih dan hutan mangrove yang tak kalah menarik.

Begitu bersihnya air laut di Pulau Misool, Anda bisa dengan mudah melihat berbagai sumber daya alam yang ada di laut. Dari berbagai jenis ikan, penyu, hingga terumbu karang.

Tak hanya itu, pulau yang memiliki luas 2.043 kilometer persegi ini menjadi rumah bagi situs budaya kuno. Berbagai petroglif dapat ditemukan di dinding gua di seluruh pulau yang rata-rata berusia 5.000 tahun.

Panorama bahari Pulau Misool juga dihiasi gugusan batuan karst dengan ekosistem bawah laut yang masih lengkap. Pulau Misool juga merupakan bagian dari segitiga karang dunia lho guys. Oleh karena itu, tidak heran jika berbagai ikan hias dapat ditemukan di pulau ini.

Berada jauh dari hiruk pikuk kota, pulau ini sangat nyaman untuk dijadikan tujuan liburan guys. Pulau ini akan memberikan keindahan alam dan ketenangan bagi yang mengunjunginya.

Untuk sampai ke Pulau Misool, Anda harus terlebih dahulu menuju kota Sorong dengan menggunakan pesawat. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan perahu motor. Perjalanan laut ini berlangsung dari 4 hingga 8 jam.

Meski cukup lama, Anda tidak akan bosan sepanjang perjalanan. Pasalnya, di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan pemandangan luar biasa yang sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa tempat menarik yang bisa kamu kunjungi saat berada di Pulau Misool.
Lebih baru Lebih lama