Isi Perjanjian Sungkiq Suku Mandar


Perjanjian Sungkiq atau Pura Loa di Sungkiq terjadi pada abad XVIII masehi dengan agenda utama yaitu penyelesaian masalah Paliliq Massedang yang wilayahnya terbagi antara Pitu Ulunna Salu dan Pitu Baqbana Binanga sebagaimana kesepakatan yang diambil pada Perjanjian Lakahang.

Ternyata, kesepakatan yang membagi wilayah Paliliq Massedang dengan tiga perempat bergabung ke wilayah persekutuan Pitu Ulunna salu dan seperempat ke wilayah persekutuan Pitu Baqbana Binanga pada Perjanjian Lakahang tersebut telah menimbulkan masalah, baik antara Pitu Ulunna Salu dengan Pitu Baqbana Binanga maupun dalam wilayah Paliliq Massedang sendiri.

Untuk meredam komplik yang terjadi, maka disepakati diadakan pertemuan di Sungkiq dan dalam pertemuan tersebut wilayah Paliliq Massedang kembali disatukan dan diberi kekuasaan atau hak penuh untuk menentukan pilihan mau bergabung kemana. Paliliq Massedang ternyata memilih bergabung ke Pitu Ulunna Salu. Dalam perjanjian inilah muncul istilah ; Pitu Ulunna Salu Kakaruanna Tiparittiqna Uhai Pitu Baqbana Binanga.

Jadi secara administrasi, kesepakatan yang diambil pada Perjanjian Sungkiq yaitu bergabungnya Paliliq Massedang ke wilayah Pitu Ulunna Salu tidak merubah nama Pitu (tujuh) Ulunna Salu menjadi Arua (delapan) Ulunna Salu tapi Paliliq Massedang bergelar Kakaruanna Tiparitiqna Uhai di wilayah persekutuan Pitu Ulunna Salu (PUS).

Sejak dari kesepakatan yang diambil dalam Perjanjian Sungkiq tersebut, wilayah Mandar pada umumnya dikenal dengan istilah ; Pitu Ulunna Salu Kakaruanna Tiparittiqna Uhai Pitu Baqbana Binanga.

Perjanjian Sungkiq


Secara lengkap, Perjanjian Sungkiq dijelaskan sebagai berikut :

Pura Loa di Sungkiq
  • Paliliq Massedang menjari Kakaruanna Tiparittiqna Uhai di Pitu Ulunna Salu, menjarimi Pitu Ulunna Salu Kakaruanna Tiparittiqna Uhai, Pitu Baqbana Binanga.
  • Padza maq-ammong tambaqbar allewuang di Lakahang, tettopa pura loa di Malunda. Metettes dipamulanna, matettes laeng dua pai dimundinna.
  • Sisolong siponayoi, silua siammeq tassi kira-kira, sirrondong bocoq mammesa paqdisang, sipalete diapiangang tassi palete diakkadzakeang, Pitu Ulunna Salu Kakaruanna Tiparittiqna Uhai, Pitu Baqbana Binanga.

Terjemahan :
  • Daerah Paliliq Massedang (Lembang Mapi-Tuqbi/pen) jadi tetesan air kedelapan di Pitu Ulunna Salu (menjadi satu bagian yang sejajar/pen) hingga menjadi Pitu Ulunna Salu, Kakaruanna Tiparittiqna Uhai, Pitu Baqbana Binanga.
  • Masing-masing pihak menggenggam erat isi perjanjian Lakahang, begitu juga isi Perjanjian Malunda dengan keteguhan hati yang kuat dari semula dan lebih kuat lagi dikemudian hari.
  • Selalu kunjung mengunjungi, bergaul akrab tanpa saling iri, sekelambu dan sebantal, saling membawa pada kebaikan tidak saling membawa pada keburukan, antara Pitu Ulunna Salu, Kakaruanna Tiparittiqna Uhai dan Pitu Baqbana Binanga.

 ****


Daftar Kepustakaan


Abdul Muttalib ; Kamus Bahasa Mandar – Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud RI, Jakarta 1977.

Ibrahim, MS ; Himpunan Catatan Sejarah Pitu Ulunna Salu – Hasil Seminar Sejarah Mandar X, Tinambung Polmas 1977.

H. Saharuddin ; Mengenal Pitu Baqbana Binanga Mandar Dalam Lintas Sejarah Pemerintahan Daerah di Sulawesi Selatan – CV Mallomo Karya Ujung Pandang 1985.

Ahmad Sahur ; Nilai-Nilai Budaya dalam Sastra Mandar – Fakultas Sastra Unhas Ujung Pandang 1975.

Drs. Suradi Yasil dkk ; Kalindaqdaq dan Beberapa temanya – Balai Penelitian Bahasa, Ujung Pandang 1982

Drs. Suradi Yasil dkk ; Inventarisasi Transliterasi Penerjemahan Lontar Mandar – Proyek IDKD Sulsel 1985.

A.M.Mandra ; Caeyana Mandar – Yayasan Saq-Adawang Sendana 1987

A.M.Mandra ; Buraq Sendana (kumpulan Puisi Mandar) – Yayasan Saq-Adawang Sendana 1985.

A.M.Mandra ; Beberapa Kajian Tentang Budaya Mandar Plus jilid I,II dan III – Yayasan Saq-Adawang, 2000.

Abd.Razak, DP ; Sejarah Bone – Yayasan Kebudayaan Sulawesi Selatan, Ujung Pandang 1989.

Sumber Data

  1. Sumber tertulis ;
  2. Lontar Balanipa Mandar
  3. Lontar Sendana Mandar
  4. Lontar Pattappingang Mandar
  5. Lembar Perjanjian kuno
  6. Naskah-naskah Seminar Budaya Mandar

Sumber Wawancara

  1. H. Abdul Malik Pattana Iyendeng – Sesepuh, Sejarawan dan Budayawan Mandar
  2. Abd. Azis Puaqna Itima – Sejarawan, Budayawan Mandar
  3. Puaq Tanniagi – Sejarawan Budayawan Mandar
  4. Paloloang Puanna Isinung – Budayawan Mandar
  5. Puaq Rama Kanne Cabang – Budayawan Mandar
  6. Daeng Matona – Hadat Pamoseang
  7. Jabirung – Soqbeqna Indona Ralleanaq

Editor

  1. Adi Ahsan, S.S.M.Si.
  2. Opy. MR.
Lebih baru Lebih lama