3 Nilai Penting dalam Tradisi Sayyang Pattu'du Mandar

Nilai-nilai yang terkandung dalam Tradisi Sayyang Pattu'du 'Bagi orang Mandar di Desa Lapeo, Upacara adat merupakan fenomena sosial dan kenyataan itu masih dalam masyarakat sampai hari ini. Salah satu upacara adat Sayyang Pattu'du 'berada di tanah Mandar tepatnya di desa Lapeo Campalagian dimana penulis melakukan penelitiannya. Apa sebuah fenomena, tentunya event tersebut akan menampilkan beberapa tipe interpretasi keberadaan acara tersebut.

Realitas sosial itulah yang menjadi selimut kesepakatan bagi pasangan masyarakat adalah masyarakat yang memiliki budayanya sendiri membedakan diri Anda dari kelompok komunitas lain. Suatu bentuk budaya dimiliki oleh masyarakat Desa Lapeo yaitu Sayyang Pattu'du '. Sayyang Pattu'du 'sebagai warisan budaya memanifestasikan dirinya dalam bentuk Upacara ini memiliki fungsi dan makna tersendiri bagi masyarakat. Kemudian melakukan penelitian dengan berbagai metode pengumpulan data yang diadopsi melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi.

Ditemukan berbagai interpretasi publik tentang nilai peristiwa Sayyang Pattu'du yang diklasifikasikan menjadi beberapa bagian berikut:


Nilai Komunikasi Budaya



Teezzi, Marchettini dan Rosini di Ridwan, pada akhirnya mengatakan itu dari sedimentasi modal sosial (modal sosial) akan memanifestasikan dirinya dalam sebuah tradisi. Berdasarkan pendapat tersebut dapat dikatakan bahwa Sayyang Pattu'du ' sebagai tradisi dan adat masyarakat Mandar di Desa Lapeo salah satu bentuk modal sosial yang masih ditopang masyarakat sampai saat ini. Beberapa alasan tentu saja menjadi pemicu mengapa sampai sejauh ini ritual tersebut atau upacara semacam itu masih diadakan sampai sekarang. Salah satu faktornya Pasalnya, program Sayyang Pattu'du 'memiliki peran sebagai media komunikasi budaya untuk komunitas. Fungsi yang dirujuk dalam ini bahwa acara tersebut akan menjadi cara untuk mentransmisikan nilai-nilai budaya yang dimiliki oleh generasi muda agar mereka bisa mengenal dan menjaga kekayaan budaya yang dimilikinya

Sebagai sarana komunikasi budaya, acara Sayyang Pattu'du 'bukan itu secara langsung akan memperkuat identitas komunitas lokal. Hal ini karena Dalam pelaksanaan acara tersebut diisyaratkan adanya komunitas Mandarin yang ikut serta Desa Lapeo memiliki identitas yang kuat di tengah zaman yang semakin marak teknologi modern dan divinized itu tidak menutup kemungkinan itu akan mengikis nilai-nilai persediaan modal (modal sosial) masyarakat.

Gotong Royong



Gotong royong, merupakan nilai yang jelas tersirat dalam tradisi. ini. Jika diperhatikan secara seksama, upacara ini tentunya bukan kegiatan biasa. tetapi jauh dari itu memiliki makna yang sangat tinggi, sehingga sedang dalam proses Pelaksanaan prosesi Sayyang Pattu'du tentunya membutuhkan kerjasama yang sama baik untuk nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi untuk ditransmisikan dalam a dalam proses menyelesaikan tahapan pelaksanaan kegiatan Sayyang Pattu'du perlu membangun kerjasama yang baik antar manusia sebagai individu ke komunitas lain. Gotong royong bisa diaplikasikan dengan baik, tentunya bisa dilakukan karena tradisi ini berlangsung di pedesaan ikatan kekerabatan jauh lebih baik daripada ikatan perkotaan

Nilai Komunikatif



Nilai komunikatif Unsur nilai ini merupakan salah satu bagian terpenting dari tradisi ini, karena jika tidak ada komunikasi dalam hal apapun maka tidak mungkin Secara bertahap pelaksanaan tradisi Sayyang Pattu'du akan berlangsung. Selain itu, komunikasi juga dapat memberikan manfaat lain bagi individu tersebut. dengan orang lain dapat berbagi informasi untuk memperluas cakrawala ilmunya masing-masing, juga bisa lebih diperluas sayap tradisi dan mempertahankan eksistensi tradisi ini (sejarah lisan). Dari beberapa pandangan informan sebelumnya dapat dikatakan demikian secara sosiologis29 keberadaan program Sayyang Pattu'du'ini memenuhi nilai positif bagi masyarakat sebagai sarana perwujudan solidaritas dan integrasi sosial masyarakat lokal.

Sayyang pattu'du untuk komunitas pengiriman seperti pesta populer di mana setiap perayaan adalah segalanya Lapisan masyarakat berkumpul menjadi satu kesatuan dengan bersaksi perayaan tradisi ini. di sini Anda bisa melihat masyarakat Desa Lapeo pada khususnya bersatu atau ada proses integrasi sosial di dalamnya. Sayyang Pattu'du Sebagai wadah untuk mempersatukan masyarakat, warga memadati jalanan untuk mengikuti dan menyaksikan pawai tomessawe berkeliling kota dengan menunggang kuda, seperti raja / ratu orang suka.
Lebih baru Lebih lama