Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Foto: suhaizatunnadiya/pesonamandar.com
Liburan awal tahun di Sulawesi Barat, anda dapat mengunjungi wisata alam yang sejuk ini. Wisata alam ini disebut Wisata Alam Kaliburu. Terletak di desa Batetanga, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar atau Polman. Tujuan wisata alam ini selalu penuh dengan warga.

Gerbang yang bertuliskan "Selamat Datang di Desa Batetangnga" adalah tanda gerbang masuk ke Desa Batetangnga, Kabupaten Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Setelah berkendara di sepanjang jalan aspal lurus yang mengarah ke tikungan di hutan dengan pohon-pohon yang indah, keingintahuan dijawab di desa Batetangnga. Ditempel di pinggir jalan dengan aliran batu-batu jernih dengan batu-batu hitam, mengalir cukup cepat dengan air jernih.


Menariknya, ada banyak tujuan wisata di sepanjang DAS yang menawarkan kesejukan alami khas hutan dan sungai, termasuk Kali Biru. Kali Biru adalah salah satu tujuan wisata di mana sebagian besar pengunjung dari dan di luar Kabupaten Polewali Mandar tinggal untuk bersantai atau menghabiskan liburan mereka.

Untuk memanjakan para wisatawan, pengelola Wisata Alam Kalibiru juga menyiapkan gazebo dan sejumlah kolam renang berbagai ukuran di bawah pohon. Sehingga para wisatwan menimati suasana di tengah hutan yang indah. Pengelola tempat wisata ini juga belum menetapkan tarif tinggi untuk setiap pengunjung Wisata Alam Kalibiru. Seorang wisatawan hanya dapat membayar Rp5,000 untuk setiap kunjungan. Pada waktu tertentu, pengunjung dapat merasakan kenikmatan durian, langsat atau rambutan, yang merupakan tanaman asli daerah ini dan diambil langsung dari pohonnya.

Foto: raniifff/pesonamandar.com
Tempat wisata di Kalibiru ini memiliki ruang parkir yang cukup. Ada juga banyak kendaraan untuk kegiatan outbond seperti Flying Fox di lokasi ini. Dihiasi dengan properti embel-embel di beberapa sudut tempat ini dan didekorasi di tempat yang begitu indah sehingga dapat digunakan sebagai titik foto bagi pengunjung.

Kalibiru juga menawarkan beberapa fasilitas lain seperti ruang sholat, tempat kuliner atau makanan ringan dan bahkan aula yang dapat digunakan untuk pertemuan dan pertemuan masyarakat. Menurut seorang penduduk yang menjual di lokasi ini, tidak jarang beberapa kota, pemerintah dan kantor swasta menyewa lokasi ini untuk kegiatan rekreasi dan pertemuan formal.