Type something and hit enter

author photo
Posted by On
Foto: nilawati_s.sn/pesonamandar.com
Hawa liburan masih sangat terasa. Pada awal tahun ini, tampaknya masih banyak orang yang pergi liburan. Beberapa orang memilih liburan keluarga tetapi ada juga yang memilih untuk pergi sendiri atau disebut sebagai solo traveling. Keduanya menawarkan manfaat baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Namun bepergian sendiri sepertinya memiliki kelebihan tersendiri.

Solo traveling adalah kebebasan tertinggi yang anda bisa pergi kemana saja yang anda inginkan sesuai dengan budget yang anda miliki. Anda dan hanya anda yang bisa memutuskan. Dengan solo traveling, anda perlu tahu apa yang anda hadapi. Anda hanya bisa mengandalkan diri sendiri, yang bisa tampak menakutkan tetapi sebenarnya juga sangat menantang.

Dari setiap pengalaman yang anda dapatkan dari solo traveling, perasaannya sangat berbeda dibandingkan dengan bepergian dengan orang lain. Selain menemukan diri sejati anda, juga bisa melatih diri untuk menjadi lebih mandiri dari sebelumnya.

Berikut Kelebihan Solo Traveling ke Sulawesi Barat:


1. Keputusan bebas

Bepergian sendirian berarti bebas membuat keputusan. Jangan tanya tentang tempat wisata. Tidak ada lagi drama tentang tempat mana lagi untuk dipilih. anda dapat bangun sepanjang hari kapan saja anda mau, memasak hidangan favorit anda, dan berbelanja tanpa khawatir dipinjami uang. Luar biasa bukan?

2. Mengenali diri sendiri

Mau tak mau belajar bertahan hidup sendirian tanpa bantuan teman atau keluarga. Di sinilah Anda akan mengenal diri sendiri. Jika semua keputusan telah dibuat sebelumnya, tentukan kebutuhan dan keinginan Anda sendiri saat berlibur sendirian.

3. Mudah beradaptasi

Jika anda terus-menerus bepergian dengan orang lain, anda tidak memiliki kesempatan untuk berkenalan dengan orang-orang dan budaya di daerah yang lebih dalam. Karena anda sibuk dengan teman atau keluarga. Bepergian sendirian akan memungkinkan anda untuk berbicara dengan penduduk setempat lebih sering dan melihat lebih banyak di sekitar anda.

Selain kelebihannya, pasti ada juga kekurangannya.

Berikut Kekurangan Solo Traveling ke Sulawesi Barat:


1. Susah mengabadikan foto pribadi

Anda dapat meminta seseorang untuk membantu anda motoin. Minta bantuan dengan sopan. Pokoknya, sebelum meminta bantuan, pastikan orang itu tidak sibuk. Cara selanjutnya, Anda bisa menggunakan tripod atau selfie stick.

2. Boros

Bepergian sendirian mengharuskan anda membayar akomodasi dan transportasi anda sendiri. Misalnya, jika anda traveling rame-rame, anda bisa patungan dengan teman-teman anda. Jika anda solo traveling, maka semua biaya harus ditanggung sendiri. Tidak ada teman untuk berbagi. Kecuali jika anda bertemu teman di tengah jalan yang memiliki rencana perjalanan yang sama.

3. Masalah kesehatan

Siapa yang akan anda minta bantuan? Yang paling mudah, cari rumah sakit atau klinik terdekat. Jadi Anda bisa kembali bugar dan bersiap-siap untuk perjalanan. Karena itu, sangat penting bagi seorang pelancong tunggal untuk mencatat tempat-tempat penting di tempat tujuan, seperti alamat rumah sakit, klinik, atau kantor polisi.

Itulah tadi kelebihan dan kekurangan ketika anda memutuskan untuk solo traveling. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, berikut Pesona Mandar ingin berbagi tips untuk kamu yang ingin memutuskan untuk solo traveling ke Sulawesi Barat:

1. Cari informasi sebanyak-banyaknya

Sebelum memulai perjalanan, mencari sebanyak mungkin informasi tentang tujuan adalah wajib. Anda dapat mengetahui tentang tempat apa yang Anda tuju, cara mengakses transportasi di sana, serta informasi lain yang akan Anda perlukan ketika Anda tiba di tujuan.

2. Pilih penginapan terpercaya

Saat bepergian sendirian, pilihlah penginapan yang dapat diandalkan. Ini terkait dengan keamanan, dan tentu saja kenyamanan. Anda bisa membandingkan harga penginapan, fasilitas penginapan dan yang paling penting adalah melihat ulasan pengunjung yang telah menginap. Ada banyak penginapan yang harganya bisa dibilang terjangkau di sekitaran kota Mamuju.

3. Cari tahu aturan adat setempat

Setiap tempat memiliki kebiasaan berbeda. Mencari tahu bagaimana aturan dan norma pasti bisa dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap budaya di sekitar anda. Ini juga membantu anda untuk dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman. Saat anda menghormati orang lain, bukankah orang juga akan menghormati anda?

4. Kunjungi tempat populer

Tempat-tempat populer biasanya memiliki penjaga yang bertugas menjaga keamanan. Selain itu, tempat ini biasanya ramai, dan ada banyak informasi yang tersedia dibandingkan dengan tempat-tempat terpencil yang tidak terkenal.


Pesona Mandar adalah sebuah portal online untuk saling berbagi tentang pariwisata dan budaya atau apapun itu yang berkaitan tentang human interest di Sulawesi Barat. Kirim essai atau tulisanmu dengan cara ini lulluare.