Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Salah satu rahasia kelezatan kuliner Mandar adalah asam mangga, mangga merupakan penambah selera bagi lidah orang Mandar terbesar yang mendiami provinsi Sulawesi Barat.

Asam Mangga (Pammaissang) proses pengeringan
ASAM-MANGGA

Dibutuhkan 3-4 hari untuk memproses dan menghasilkan asam Mandar yang sempurna. mengolahnya dari mengambil buah, mengupas, memisahkan daging dari batu, mengiris, merendam, lalu mengeringkan.

Mangga muda yang telah diiris tipis harus direndam terlebih dahulu dengan air garam dan air laut sekitar 2 jam agar berfungsi untuk bisa bertahan lama. Setelah itu, keringkan di bawah sinar matahari selama dua hari (tergantung cuaca) hingga hitam kecoklatan.

asam jawa-mangga-mandar-bau-peapi

Setelah pengeringan, mangga olahan hanya dapat digunakan terutama dalam kuliner khas kuliner "peapi" dari komunitas Mandar yang membedakan rasa makanan lain yang telah Anda cicipi yang terletak di sini di Mandar Acid.

asam matahari-mangga-mandar

Jika selama ini rasa asam yang telah Anda nikmati dari daerah lain diperoleh dari cuka, jeruk nipis, atau lemon tetapi tidak demikian halnya dengan komunitas Mandar, rasa dan kelezatannya diperoleh dari "pammaissang / pa'issang / pangngissung" bahan alami dari buah mangga muda kering.

Berbeda dengan masakan Thailand, mereka menggunakan mangga segar sementara kuliner Mandar tidak kering, rasa "pammaissang / pa'issang / pangngissung" tidak akan terasa enak, rasa asam tidak akan keluar.

Mangga tidak bisa lagi dimakan hanya setelah menjalani proses pengeringan, dan hanya bisa digunakan sebagai suplemen atau bumbu masakan.

Bagi masyarakat suku Mandar, asam mangga memiliki rasa asam alami yang tidak terlalu tajam, jika dibandingkan dengan jeruk dan cuka. Namun, rasa asam ini lebih kuat jika dibandingkan dengan asam.

Mangga telah menjadi tradisi turun temurun dalam kehidupan masyarakat Mandar, selain sebagai penambah rasa, asam mangga Mandar juga merupakan sumber ekonomi, yang diketahui bernilai Rp. 15.000-20.000 per liter.

Tidak jarang kerabat yang berada di luar negeri rela membayar ongkos kirim lebih mahal daripada harga yang harus dibayar untuk kerinduan akan area kuliner.

Dan akhirnya dalam menutup makalah ini, mangga diketahui mengandung kalium. Kalium memiliki fungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang cukup dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan berkontribusi pada pengurangan risiko akibat stroke.