Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Foto: @ptriandira_/pesonamandar.com
Pariwisata halal adalah sebuah bagian dari industri pariwisata untuk mendukung ekosistem para traveler muslim agar lebih nyaman dalam berwisata. Layanan wisata dalam pariwisata halal mengacu pada norma-norma Islam. Contoh dari bentuk layanan ini adalah, misalnya, sebuah hotel yang tidak menyediakan makanan atau minuman yang mengandung alkohol dan memiliki fasilitas kolam renang dan spa yang terpisah untuk pria dan wanita.
Pariwisata halal dan traveler muslim terus menjadi tren, termasuk tahun ini. Generasi Millenial rupanya juga tertarik pada pariwisata halal. Ada kebutuhan bagi traveler muslim untuk menemukan informasi tentang liburan gaya halal, tempat-tempat sholat dan makanan halal. Termasuk traveler milenial antara usia 18-34 tahun yang kini mendominasi pasar.

Menurut seorang ekonom muda Islam di Universitas Gunadarma, Mega Oktaviany, sangat mungkin bahwa potensi ekonomi Syariah jika dikelola dengan baik membuat Sulawesi Barat tumbuh pesat jauh melampaui daerah lain.

Ada beberapa poin penting sebagai upaya mengoptimalkan industri halal di era industri 4.0 dan memperkuat implementasinya untuk memperkuat perekonomian daerah. Yang pertama adalah jika Anda ingin maju, yang penting adalah inovasi, kreasi dan cara kami beradaptasi. Karena era 4.0 adalah era dimana ia dituntut untuk bersaing dengan perubahan yang terjadi. Yang kedua adalah meningkatkan literasi, khususnya literasi dalam ekonomi Islam, baik untuk masyarakat umum, dan terutama bagi generasi muda.
Peluang ekonomi syariah sangat besar, perlu dimanfaatkan beberapa faktor yang mendukung perekonomian daerah di Sulawesi Barat. Langkah-langkah praktis yang perlu ditempuh oleh pemerintah daerah atau pelaku bisnis adalah penguasaan teknologi untuk UMKM di daerah.

Untuk alasan ini, Sulawesi Barat perlu memiliki program dalam mempromosikan ekonomi syariah di Indonesia, termasuk memberdayakan sumber daya manusia untuk meningkatkan peran keuangan Islam dalam ekosistem syariah digital.

Menjawab pertanyaan tentang bagaimana traveler muslim datang ke Sulawesi Barat, tampaknya Pemerintah Indonesia perlu menanggapi hal ini dengan serius. Meskipun ada banyak tempat ibadah dan restoran halal, tetapi tanpa label atau penjelasan lebih lanjut tentang wisata halal ini, tentu akan menimbulkan kebingungan dan keraguan bagi wisatawan Muslim.