Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Lagu Daerah Sulawesi Barat

Sekarang ini lagu daerah bukan lagi jadi hal yang kuno, buktinya sangat banyak yang menikmati lagu daerah di YouTube bahkan sampai mengcovernya. Menyanyikan lagu daerah adalah sebuah bentuk penghormatan kepada musisi daerah itu sendiri.


Kemudian muncul berbagai anak muda dengan kualitas suara yang tidak diragukan lagi, membawakan lagu daerah Sulawesi Barat dengan aransemennya masing-masing. Berikut beberapa cover lagu Mandar yang bisa kalian nikmati:

1. RBN Madatte Arts

Dua tahun lalu, muncul sebuah channel grup musik dengan vocalis bernama Dewi Herlina. Dalam channel tersebut menampilkan berbagai cover lagu daerah Sulawesi Barat, tepatnya lagu Mandar dengan aransemen yang sangat keren. Hanya saja, sekarang sudah jarang banget upload video baru. Sekalinya ada update hanya video live musik yang bagi saya kualitas audionya kurang dapat dinikmati. Kini subscribers YouTubenya mencapai 5,200-an subsribers.


2. Anggara Official

Dari sebuah channel YouTube yang dimiliki seorang bernama Anggara, ia mempersembahkan berbagai lagu daerah Mandar dengan suara merdunya yang khas. Channel YouTube-nya kini menembus 15,000 subscribers.


3. Nur Aisyah Amini

Channel YouTube yang dimiliki oleh seorang gadis yang masih muda ini. Selain memiliki paras yang cantik, ia pun memiliki suara yang merdu. Tidak heran jika channel YouTube-nya sekarang di-subscribe sebanyak lebih dari 17,000-an orang.


4. NunuCs Official

Lagi-lagi seorang wanita muda asal Sulawesi Barat ini mampu menghibur banyak orang dengan suaranya yang merdu.


5. Antariksa Project

Terakhir sebuah channel YouTube bernama Antarika Project, berawal dari berbagai cover lagu barat hingga video mereka yang terakhir yaitu lagu karya Zulkifli Atjo berjudul I Tipalayo mampu dieksekusi dengan sangat baik. Bukan hanya kualitas vocal, video yang ditampilkan pun tidak asal-asalan.


Demikian kumpulan lagu daerah Sulawesi Barat yang kembali booming karena ulah-ulah mereka yang hebat dalam membuat sebuah lagu. Mari terus lestarikan lagu khas Mandar, dan jangan lupa jika ingin meng-cover sebuah lagu terlebih dahulu izin kepada pencipta lagu tersebut. Itu adalah sebuah budaya baik yang semestinya harus dilakukan.