Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Kabupaten Polewali Mandar adalah salah satu daerah dengan topografi dan budaya yang unik. Daerah di sisi barat pulau Sulawesi memilih tradisi eksotis, pesona alam, dan kuliner yang menggoyang lidah. Di sini, 5 hal yang bisa menjadi panduan Pesona teman saya.

Land mark perbatasan kabupaten Polewali Mandar
Polewali Mandar adalah salah satu kabupaten yang secara administratif termasuk dalam wilayah Provinsi Sulawesi Barat. Kabupaten Polewali Mandar sendiri memiliki luas daratan sekitar 22.033 km 2 dengan panjang garis pantai 89,07 km dan luas perairan 86.961 km 2. Ini menjadikan Kabupaten Polewali Mandar salah satu daerah dengan topografi yang unik dan menarik.

Ada beberapa fakta menarik yang perlu Anda ketahui tentang Kabupaten Polewali Mandar, yang seharusnya menjadi daya tarik teman Anda untuk dijadikan referensi saat mengunjungi Polewali Mandar.

Tradisi Sayyang Patuddu

Tradisi sayyang pattuqdu
Sayyang Pattudu atau Menari Kuda adalah salah satu tradisi turun-temurun ratusan tahun yang lalu. Tradisi Sayud Patuddu adalah bentuk apresiasi terhadap Masyarakat Suku Mandar terkait dengan aktivitas simbol-simbol Islam di tanah Mandar. Sayyang Patuddu atau tradisi tarian kuda diadakan ketika seorang anak telah menyelesaikan proses membaca Alquran. Anak itu akan naik kuda dan diarak keliling desa dan seringkali kuda itu akan melompat kegirangan seperti sedang menari.

Tidak heran ketika memasuki Kota Polewali kita akan menemukan sebuah monumen dengan penunggang kuda di atasnya. Tradisi Sayyang Patuddu dituangkan dalam patung yang merupakan landmark dari Kota Polewali yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Polewali Mandar.

Masakan Baupeapi
Makanan khas Baupeapi
Sebagian besar orang Polewali Mandar yang mendiami wilayah pesisir adalah pelaut yang bekerja sebagai nelayan yang ulung. Tidak mengherankan bila banyak makanan olahan atau kuliner berbahan dasar hasil laut.

Salah satu hidangan kuliner yang terkenal adalah Baupeapi. Baupeapi sendiri adalah bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat setempat untuk setiap ikan olahan yang digunakan sebagai makanan. Ada berbagai cara pengolahan dari Baupeapi sendiri, dari memasak saus hingga membuat kue. Terkadang sebagai pelengkap bagi masyarakat setempat akan memasak telur dari ikan terbang yang tentu saja bernilai kesenangan Anda.

Perahu Sandeq

Perahu sandeq
Sandeq adalah jenis kapal Nusantara yang berasal dari Suku Mandar, tempat sebagian besar penduduknya tinggal di Kabupaten Mandar Polewali, Provinsi Sulawesi Barat. Karena kehidupannya yang dominan di daerah pesisir, orang Mandar dikenal sebagai pelaut ulung dan terampil menangkap perahu sandeq ini. Perahu Sandeq adalah keturunan yang digunakan untuk mencari nafkah sebagai nelayan.

Akhir-akhir ini Sandeq sendiri dikemas menjadi sebuah festival yang disebut dengan Sandeq Race yang secara rutin diadakan setiap tahun. Festival Balap Sandeq sangat menarik wisatawan yang datang secara khusus untuk menyaksikan para pelaut ulung memainkan layar mereka ke kapten kapal yang tidak menggunakan mesin dan hanya mengandalkan angin ini.

Tenun Mandar Khas

tenun khas Mandar

Jika Anda mengunjungi Polewali Mandar, lebih baik membeli oleh-oleh dalam bentuk kain tenun Mandar. Selain motif yang relatif unik, kain tenun Mandar terkenal dengan proses pembuatannya yang cukup sulit karena menggunakan bahan sutra yang berasal dari proses metamorfosis kepompong yang diambil oleh benang dan ditenun menjadi kain tenun yang indah.


Alam Eksotis

Pantai Palippis
 Ada beberapa tujuan wisata terkemuka yang bisa kita kunjungi ketika berada di Kabupaten Polewali Mandar. Di bagian selatan Kota Polewali Mandar ada beberapa pulau indah seperti Pulau Karamasang dan Gusung Toraja yang tentunya menawarkan sensasi berlibur di pulau tak berpenghuni dengan pasir putih yang indah dan tentu saja laut yang jernih.

Bergeser sedikit ke arah barat kota Polewali Anda dapat mengunjungi tujuan wisata yang menawarkan wisata alam unik berupa hutan dan sungai, yang disebut Kali Biru. Kali Kali secara administratif termasuk dalam wilayah Desa Batetangnga, Distrik Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Di Kali Biru kita dapat melakukan kegiatan outbond atau bermain di sungai atau bermain di 4 kolam besar. Sementara di bagian utara kota Polewali, pantai-pantai indah dengan pasir putih juga menarik untuk dikunjungi. Salah satu yang paling populer adalah Pantai Palippis.