Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Sulawesi Barat adalah provinsi yang memiliki banyak keindahan wisata alam. Meskipun terletak di tepi Pulau Sulawaesi, bukan hanya keindahan pantai yang menakjubkan. Provinsi Sulawesi Barat memiliki keindahan air terjun yang disebut Air Terjun Indo Ranuang dan keindahan Sungai Limbong Sitodo yang begitu indah sejauh mata memandang.

Foto salah satu penjung Air terjun Indo Rannuang

Obyek wisata

Limbong Sitodo Sungai Polewali Mandar, Sulawesi Barat, antara Air Terjun Indo Ranuang dan Sungai Limbong Sitodo, jaraknya cukup jauh. Sungai Limbong Sitodo mudah dicapai dengan berjalan kaki. Keindahan sungai ini sangat menakjubkan, karena air yang bersumber dari mata air gunung membuat air di sini sangat jernih dan segar. Sepanjang aliran, banyak bebatuan dan bebatuan hancur oleh pohon-pohon dan semak-semak hijau. Kombinasi ini membuat kombinasi alam yang sangat indah.

Foto pemandangan Air terjun Indo Rannuang
Jika masih belum puas dengan keindahan dan kesegaran Sungai Limbong Sitodo. Bagi para pelancong yang masih kuat di stamina dan memiliki jiwa petualang akan sangat senang berjalan menyusuri sungai menuju hulu sungai yang berjarak sekitar 4 km dan kondisi jalan berbatu dan semak-semak tebal. Sungai Upper Limbong Sitodo berbentuk air terjun yang disebut Air Terjun Indo Ranuang. Air terjun ini berbentuk teras dan mudah dilacak hingga ke puncak air terjun, tentunya dengan perawatan ekstra karena bebatuan yang licin. Air terjun keramik ini memiliki ketinggian yang bervariasi antara 10 hingga 40 meter, kesegaran air yang mengalir sangat menggoda untuk segera melompat dan menjadi basah. Selain dari ketinggian air terjun, suasana keindahan Kota Poliwali dan Teluk Mandar akan terlihat indah melebar dari kejauhan.

Swafoto pengunjung Air terjun Indo Rannuang
Setelah menikmati sensasi basah dan bertualang di Sungai Limbong Sitodong yang segar atau untuk petualangan di hulu, Air Terjun Limbong Sitodo Polewali di Sulawesi Barat, Rdouang, wisatawan dapat mengunjungi Desa Tradisional Mandar di sebuah bukit sekitar 5 km dari Limbong Sitodo Sungai. Di desa ini, orang-orang setia kepada budaya, seni, dan tradisi mereka. Jalan dapat dilalui oleh kendaraan roda empat dan dua tetapi semakin dekat ke daerah desa, jalan semakin sempit dan satu-satunya cara untuk sampai ke desa adalah berjalan kaki. Rumah-rumah tradisional penghuni Desa Mandar berupa rumah panggung. Kedua sisi jalan menuju perbukitan dihiasi dengan tanaman kakao. Desa ini juga kaya akan tanaman kakao, buah-buahan dan sayuran.

Lokasi

Air Terjun Indo Ranuang dan Sungai Limbong Sitodo berlokasi di Desa Kunyi, Distrik Areapi, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat.

Mengakses

Air Terjun Indo Rannuang berjarak sekitar 8 kilometer dari Polewali. Tidak ada petunjuk yang dapat membantu Anda untuk sampai ke dua lokasi wisata ini. Rute terbaik adalah dengan jalan ke Kantor Desa Kunyi yang merupakan jalan utama di Polewali. Dari jalan ini, Anda belok kanan menuju Desa Kunyi. Jarak dari jalan utama ke Desa Kunyi sekitar 4-5 kilometer. Di daerah sungai ada tempat parkir dan kios makanan dan minuman.

Fasilitas dan Akomodasi

Meskipun di tempat wisata luar ruangan, tempat wisata ini cukup untuk fasilitas mereka. Ada tempat parkir, toilet dan warung makan dan minuman, Untuk masalah penginapan dapat ditemukan di Kota Polewali