Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On

Penggunaan kantong plastik sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Penggunaannya yang praktis membuat kantong plastik menjadi sebuah alternatif dalam banyak kebutuhan. Namun, sadarkan kita bahwa dibalik penggunaan kantong plastik, ada bahaya yang mengintai.


Sebagai generasi muda, kita tidak boleh diam untuk masalah ini. Dampak yang serius sudah semakin banyak terlihat dan semakin nyata. Oleh karena itu, kita harus mengurangi penggunaan kantong plastik agar:

1. Menjaga Keseimbangan Ekosistem

Pasti kalian sudah sering melihat di internet ataupun media sosial foto-foto hewan yang mati akibat kantong plastik. Di dalam tubuh hewan tersebut dipenuhi berbagai macam limbah plastik.  Ini semua ulah siapa kalau bukan ulah manusia sendiri.

2. Bumi Sudah Terlalu Kotor

Keadaan bumi hari ini sudah terlampau tua dan kotor. Untuk melakukan pencegahan saya rasa ini sudah terlambat, satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengurangi penggunaan kantong plastik itu sendiri.

3. Plastik Membutuhkan Waktu Ratusan Tahun Agar Terurai

Plastik membutuhkan waktu ratusan tahun untuk benar-benar terurai kembali. Coba bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurai semua sampah plastik yang manusia hasilkan hari ini? Jadi ayo lebih bijaksana lagi untuk lingkungan yang lebih baik.


Sebagai generasi muda, kita mempunya tanggung jawab yang besar atas semua ini. Mulai dari hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya sudah merupakan langkah yang luar biasa. Kamu bisa mengurangi penggunaan kantong plastik dengan menggunakan totte bag misalnya. Apalagi penggunaan totte bag sekarang ini bukan lagi sekedar alternatif menggantikan kantong plastik, tapi malah sudah menjadi gaya hidup. Atau dengan mengganti botol kemasan dengan botol minuman sendiri.

Dengan membiasakan hal kecil semacam itu, itu sudah merupakan langkah yang tepat untuk menjaga lingkungan. Bukankah perubahan besar selalu dimulai dengan langkah kecil?