Type something and hit enter

author photo
By On

Salah satu komponen dalam dunia pariwisata adalah dengan terbentuknya komunitas wisatawan. Oleh karena itu kahadiran pengrajin sangat di butuhkan dalam komunitas tersebut. Misalnya bagi mereka yang sedang melakukan perjalanan dan berkunjung ke Polewali Mandar, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah membeli cinderamata. Itu adalah salah satu cara agar kembali mengingatkan bahwa seseorang sekaligus meninggalkan kesan bahwa seseorang pernah berkunjung ke daerah tersebut. Kondisi seperti ini menjadi suatu hal yang menguntungkan bagi sebuah perkembangan pariwisata di Polewali Mandar terkhusus bagi pengrajin itu sendiri.

Batelima Rumah Produksi adalah salah satu pengrajin kayu tersebut. Berlokasi di Polewali Mandar, tepatnya di belakang Masjid Nurul Taqwa, Desa Lampoko, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Batelima Rumah Produksi dikelola oleh Sumardin bersama dengan teman-temannya. Produk yang dikerjakan ada sangat banyak, mulai dari gantungan kunci, hiasan dinding, ukiran nama, jam dinding dan masih banyak lagi.


Sumardin dan teman-temannya di Batelima Rumah Produksi sudah mulai menekuni profesi ini sejak lama. Mereka terus menghasilkan kerajinan tangan yang menarik dan menerima berbagai pesanan dari orang-orang. Berikut ini adalah contoh produk-produk kreatif dari bahan dasar kayu yang dibuat di Batelima Rumah Produksi:




Kayu yang digunakan dalam pembuatan kerajinan tersebut adalah jati putih. Didapatkan dari pedagang kayu dan seringkali juga didapatkan dari masyarakat yang hendak membuangnya atau sudah tidak digunakan lagi. Di Batelima Rumah Produksi, kayu yang tadinya hanya menjadi sampah yang bertumpuk, dengan kreatifitas  bisa diolah menjadi sebuah kerajinan tangan yang keren.

Untuk harga yang ditawarkan setiap kerajinan tangan disini bervariasi, tergantung dari produk yang diinginkan. Setiap produk harganya berbeda-beda tergantung tingkat kesulitannya. Semakin sulit pembuatannya semakin mahal pula harganya. Pastinya setiap produk yang dijual harganya terjangkau alias tidak menguras isi dompet. Jadi, berwisata ke Polewali Mandar kurang lengkap tanpa membawa pulang oleh-oleh atau kenang-kenangan berupada cinderamata dari Batelima Rumah Produksi untuk diri sendiri maupun untuk keluarga tercinta.

Click to comment