Hari AIDS Sedunia 2013

Keindahan Tenun Saqbe Mandar Menyinar di Fashion Show ‘Pesona Tenun Sulawesi Barat’

Foto: Muhammad Alwi

Jumat, 27 Oktober 2023 – Ballroom Grand Maleo Hotel, yang terletak di Jalan Yos Sudarso, Mamuju, Sulawesi Barat, menjadi saksi atas pesona tenun dari daerah tersebut dalam sebuah acara fashion show yang mengguncang panggung mode lokal. Fashion show ini menampilkan deretan desain baju yang memukau dari tiga jenis tenun kebanggaan Sulawesi Barat, dengan salah satunya adalah tenun Saqbe Mandar.

Fashion show tersebut menghadirkan desain karya dari Desainer asal Polewali Mandar yang begitu berbakat, yaitu Awhy Syahreza dari Samboyang Gallery. Awhy Syahreza telah lama menjadi penggemar dan pelestari tenun Saqbe Mandar, dan karyanya kali ini memamerkan keindahan dan kekayaan budaya tenun Sulawesi Barat. Tidak kurang dari sembilan hasil karyanya dipamerkan dalam fashion show yang diselenggarakan pada Jumat, 27 Oktober 2023 ini.

Karya Awhy Syahreza dari Samboyang Gallery


Foto: Muhammad Alwi

Tenun Saqbe Mandar, dengan corak dan warnanya yang khas, telah menjadi ikon penting dalam warisan budaya Sulawesi Barat. Desain Awhy Syahreza menggabungkan elemen-elemen tradisional dengan sentuhan modern yang memukau, menciptakan pakaian yang benar-benar unik.

Tampilan karya Awhy Syahreza dalam fashion show ini disambut dengan antusiasme oleh para penonton yang hadir. Model-model berjalan dengan percaya diri, memamerkan berbagai potongan pakaian yang indah dengan kain tenun Saqbe Mandar. Desainer dari Samboyang Gallery tersebut telah berhasil menggabungkan tradisi dan tren mode dalam satu paket yang memikat.

Pesona Tenun Sulawesi Barat


Foto: Muhammad Alwi

Tidak hanya menjadi sebuah ajang mode yang memukau, fashion show “Pesona Tenun Sulawesi Barat” juga menjadi bukti betapa para kaum muda dari Sulawesi Barat telah aktif mengambil peran dalam melestarikan dan mempromosikan seni tenun tradisional. Generasi muda, terutama para desainer muda, kini semakin terlibat dalam menggali potensi dan keindahan tenun Saqbe Mandar serta varian tenun lainnya dari Sulawesi Barat.

Mereka membawa semangat segar dalam mengembangkan desain yang inovatif dengan tetap menghormati akar budaya dan tradisi. Para kaum muda ini membantu menciptakan kesadaran yang lebih besar tentang pentingnya menjaga keaslian dan keberlanjutan seni tenun Sulawesi Barat di tengah pesatnya perkembangan industri mode global. Dengan memasukkan unsur-unsur tradisional dalam desain pakaian mereka, mereka memberikan ruang bagi tenun Sulawesi Barat untuk bersinar dalam panggung mode nasional maupun internasional.

Pesona Tenun Sulawesi Barat yang dipamerkan dalam fashion show ini memberikan inspirasi dan kebanggaan tersendiri bagi Sulawesi Barat, dan menjadi bukti bahwa keindahan budaya lokal dapat diintegrasikan dengan tren mode kontemporer.
Lebih baru Lebih lama