-->

Type something and hit enter

author photo
Posted by On

Perayaan tahun baru bukanlah hal baru. Sejarah Tahun Baru menunjukkan bahwa perayaan ini telah berlangsung selama ribuan tahun hingga 2019 hari ini. Asal usul tahun baru dimulai dengan Mesopotamia.

Berdasarkan dokumen sejarah, perayaan pertama Tahun Baru berlangsung di Mesopotamia pada tahun 2000 SM. Mesopotamia adalah peradaban tertua di dunia, antara dua sungai besar, Eufrat dan Tigris, dan sekarang dikenal sebagai Irak. Bangsa Romawi awalnya menggunakan 1 Maret sebagai Hari Tahun Baru. Budaya lain menggunakan titik balik musim gugur atau musim dingin untuk merayakan tahun baru.

Gereja Katolik Roma hanya mengadopsi kalender Gregorian pada tahun 1582, dan perayaan Tahun Baru mengalami transisi ke 1 Januari. Kalender Gregorian menandai 1 Januari sebagai tahun baru. Januari dinamai dewa Janus berwajah dua.

Karena tradisi dan ibadah yang berbeda, makna Tahun Baru berubah. Banyak orang mulai mengubah kebiasaan buruk dan menciptakan solusi untuk memulai kebiasaan baik. Seperti Persia kuno yang memberi telur selama Tahun Baru. Tradisi ini melambangkan peningkatan produktivitas Tahun Baru. Tahun Baru juga digunakan sebagai momen keberuntungan tahun depan. Di Amerika Serikat, ada tradisi makan kacang hitam sebagai keinginan Tahun Baru.

Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, sangat dekat dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Selama perayaan Tahun Baru di Borobudur, Selasa (31/12/2019), acara Borobudur Nite 2019 diadakan di Taman Lumbini di Candi Borobudur.


Selamat Tahun Baru 2020!
Di Kampung Natal Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, pada malam Tahun Baru panitia setempat menyelenggarakan berbagai kegiatan hiburan, mulai dari musik live hingga parade lagu-lagu rohani. Kampung Natal ini terletak di Bukit Lenong, Dusun Pa'kondo, Desa Tondokbakaru, Distrik Mamasa.

Sementara itu, Malam pergantian tahun 2019 hingga 2020 di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) dipenuhi dengan zikir dan aktivitas doa di Dermaga Pantai Manakarra, Jl Yos Sudarso, Desa Binanga. Dzikir dan doa bersama untuk menyambut 2020 dimulai dengan pemutaran kaleidoskop seputar perjalanan implementasi pemerintah di Kabupaten Mamuju sepanjang 2019.

Hari ini, perayaan Tahun Baru dimeriahkan semeriah mungkin. Dimulai dengan pesta, trompet, kembang api, petasan, dan event-event musik hingga pengajian dilakukan di berbagai daerah. Asal dan sejarah Tahun Baru telah mengalami banyak perubahan sejak pertama kali dirayakan.

Selamat Tahun Baru 2020!