Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Mungkin banyak orang sudah tahu keindahan Pantai Kuta di Bali atau Pantai Losari di Makassar. Tapi apakah Anda tahu tentang Pantai Barane di Kabupaten Majene? Mungkin hanya sedikit yang sudah tahu tentang pantai yang satu ini. Saya juga, jika saya tidak mendapatkan penugasan di Provinsi Sulawesi Barat, saya mungkin tidak tahu tentang keberadaan pantai ini. Kabupaten Majene sendiri merupakan daerah pantai sehingga memiliki beberapa pantai, salah satunya adalah Pantai Barane yang sering dikunjungi orang Majene untuk rekreasi.

Foto dermaga pantai Barane Majene oleh salah satu pengunjung (IG @imraahesya)

Pantai Barane, yang terletak di Kabupaten Banggae, tidak terlalu sulit diakses. Terletak tidak jauh dari jalan Trans Sulawesi Banggae Majene, Pantai Barane hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Majene dengan mengendarai kendaraan pribadi. Kondisi jalan menuju Pantai Barane sudah bagus. Menurut sebuah cerita dari seorang teman yang merupakan penduduk Majene, jalan menuju Pantai Barane baru dalam beberapa minggu terakhir.

Berbagai gaya foto instagramable banget oleh pengunjung (IG @imraahesya)

Hampir setiap sore, Pantai Barane ramai dikunjungi orang. Banyak kegiatan dilakukan mulai dari hanya duduk, ngobrol santai, berjalan di sepanjang pantai, bermain air, hingga bermain sepak bola pantai. Pada akhir pekan, terutama pagi hari Minggu, lebih banyak orang akan mengunjungi pantai ini. Banyak keluarga membawa anak-anak mereka bermain air di pantai ini. Kondisi pantai dengan pasir yang bersih dan air laut yang jernih membuat anggota masyarakat tidak khawatir ketika membawa anak-anak mereka bermain air di pantai ini. Bahkan di sore hari pantai akan semakin indah dengan pemandangan langit oranye untuk menyambut matahari terbenam.

Suasana menjelang sore Pantai Barane

Tetapi ada beberapa catatan bahwa pemerintah daerah harus memperhatikan untuk membuat pantai ini lebih menarik dan menjadi salah satu tempat wisata di Kabupaten Majene. Kebersihan pantai harus tetap dijaga. Meskipun tempat sampah telah disediakan, masih ada banyak sampah yang berserakan di sepanjang pantai. Keberadaan gazebo untuk tempat duduk juga harus dijaga dengan baik agar tetap cocok untuk digunakan. Penambahan fasilitas pendukung lainnya seperti toilet atau keberadaan kios tempat berjualan juga dapat ditambahkan dengan tetap memperhatikan kerapian dan keindahan serta kebersihan pantai. Pemerintah Kabupaten Majene juga harus lebih giat mempromosikan potensi wisata di Kabupaten Majene sehingga dapat mendatangkan devisa dan meningkatkan PAD Kabupaten Majene.

Diharapkan dengan promosi pariwisata yang sering dilakukan, Pantai Barane akan menjadi salah satu tempat wisata unggulan di Kabupaten Majene. Hal ini tentu saja akan meningkatkan devisa yang meningkatkan PAD Kabupaten Majene dan menimbulkan efek multipemain bagi perekonomian masyarakat. Semoga artikel ini bisa menjadi sumber referensi bagi teman-teman yang suka traveling. Selamat datang di Kabupaten Majene dan Nikmati Keindahan Pantai Barane