Type something and hit enter

author photo
Diposting oleh On
Polewali Mandar di Sulawesi Barat memiliki banyak lokasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Pulau Karamasang, yang indah tapi tersembunyi.

Keindahan Pulau Karamasang (Sumber Foto:Liputan6.com)
Pulau Karamasang terletak di Desa Ammassangan, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Pulau ini belum dikunjungi oleh wisatawan.

Pulau Karamasang terletak di deretan pulau-pulau kecil di Teluk Mandar. Karamasang terletak di posisi paling timur di antara pulau-pulau berjajar di daerah ini.

Foto dari atas Pegununngan Pulau Karasamang oleh salah satu pengunjung
Untuk mencapai Pulau Karamasang, pengunjung dapat naik perahu tradisional. Oleh masyarakat setempat, perahu ini disebut perahu linting katinting.

Untuk pergi ke Pulau Karamasang, Fahrun menjelaskan bahwa para pelancong harus terlebih dahulu menggunakan kapal bermesin kecil yang oleh penduduk setempat disebut katinting dari Pantai Binuang.

"Ambil katinting dari Binuang, sekitar 10 hingga 15 menit. Ongkosnya Rp15 ribu per orang," jelasnya.

Selain ada pantai dengan pasir putih landai di sisi selatan, ada juga pepohonan rindang bagi pelancong yang rindang untuk menikmati angin laut yang sejuk.

"Pasirnya putih. Di sepanjang pantai ada banyak pohon juga, jadi senang berlindung," kata Fahrun.

Selain bersantai di pantai, Pulau Karamasang juga merupakan tempat yang asyik untuk melakukan kegiatan wisata lainnya, seperti outbond, memancing, menyelam, snorkeling, berenang, bahkan untuk melakukan riset.

Pesona tempat berswafoto yang indah

"Lautnya jernih, terumbu karang masih bagus, sehingga bisa untuk menyelam atau sekadar snorkeling. Bisa juga untuk outbond atau tracking. Kadang ada turis yang berkemah di puncak Gunung Karamasang atau di garis pantai," dia berkata.
Dengan tarif Rp 10.000 untuk setiap orang, waktu perjalanan ke pulau ini hanya 10 menit dari pangkalan taksi perahu di Desa Ammassangan.

Selain menawarkan keindahan pasir putih dan air laut biru jernih, di pulau kecil ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbit dan terbenam.
"Di sana Anda bisa melihat matahari terbit dan terbenam. Jika matahari terbit dari balik bukit deretan pulau. Jika kita bisa melihat matahari terbenam di laut,

Sementara itu, pengelola objek wisata Pulau Karamasang, Arfa mengatakan, upaya reformasi dilakukan agar keberadaan objek wisata ini bisa terus menarik minat pengunjung.
"Agar menarik minat dan membuat pengunjung merasa nyaman. Saat ini kami sedang membangun sejumlah gazebo, toilet, dan fasilitas pendukung lainnya," kata Arfa.

Manajer juga berharap bahwa layanan terkait dalam hal ini Dinas Pemuda dan Pariwisata Polman dapat memberikan dukungan dan bantuan sehingga Pulau Karamasang dapat menjadi salah satu tujuan tujuan wisata di Kabupaten Polewali Mandar.